PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN OBAT ANTIPLATELET CLOPIDOGREL DAN KOMBINASI CLOPIDOGREL DENGAN ASPILET PADA PASIEN STROKE ISKEMIK DI RSUD KAB. BEKASI

Ayu Pravita

Abstract


Latar Belakang: Stroke merupakan penyebab kematian ketiga terbesar di dunia dengan angka kejadian lebih dari 5,1 juta. Pada tahun 2020 diperkirakan 7,6 juta orang akan meninggal karena stroke (Junaidi, 2011). Data Riskesdas pada tahun 2013 menunjukkan bahwa 7 dari 1000 orang di Indonesia terkena stroke (Depkes, 2013). Salah satu terapi yang digunakan untuk penderita stroke iskemik adalah antiplatelet. Antiplatelet adalah obat yang dapat menghambat agregasi trombosit sehingga menyebabkan terhambatnya pembentukan trombus yang terutama sering ditemukan pada sistem arteri (Fagan&Hess, 2008). Penggunaan antiplatelet penting untuk stroke iskemik akut. Pemberian terapi antiplatelet bisa menurunkan angka kejadian stroke berulang dari 68% menjadi 24% (Karuniawati dkk, 2015).

Tujuan: Untuk mengetahui efektivitas sebelum dan sesudah penggunaan obat antiplatelet clopidogrel tunggal dan kombinasi clopidogrel dan aspilet dengan menggunakan indikator PT dan APTT pada pasien Stroke Iskemik di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Bekasi.

Metode: Desain penelitian yang digunakan adalah metode observasional analitik cross sectional dengan desain studi retrospektif. Pengambilan sampel dilakukan secara non-probability sampling dengan teknik kuota sampling pada 37 pasien Stroke Iskemik di RSUD Kab.Bekasi. Analisa data dengan uji analisis non-parametric, Mann-Whitney signed rank test jika data tidak berdistribusi normal serta uji chi square.

Hasil: Penggunaan Clopidogrel tunggal maupun kombinasi Clopidogrel dengan Aspilet tidak mempengaruhi nilai PT dan APTT pada pasien stroke iskemik. Karena tidak ada perbedaan signifikan dari nilai PT dan APTT pada penggunaan obat antiplatelet dosis tunggal dengan antiplatelet dosis kombinasi.

Kesimpulan: Efektivitas dari penggunaan obat antiplatelet clopidogrel dan kombinasi clopidogrel dengan aspilet tidak terlihat jelas karena p value (>0,05) sehingga perbedaan efektivitas tidak signifikan.

Kata kunci: Stroke iskemik; Antipletelet; Clopidogrel ; Aspilet ; PT; aPTT  

Keywords


Kata kunci: Stroke iskemik; Antipletelet; Clopidogrel ; Aspilet ; PT; aPTT



DOI: https://doi.org/10.52447/scpij.v5i1.1755

Refbacks

  • There are currently no refbacks.