STUDI TENTANG PENERIMAAN PUBLIK DAN RENCANA PEMASARAN KONSEP APOTEK SPESIALIS OBAT-OBAT JANTUNG DAN ANTIHIPERTENSI PADA DAERAH PONDOK AREN, TANGERANG SELATAN

Niko Prasetya

Abstract


 

Indonesia is one of the place for very good investment, beside to a very good economic growth compared to other ASEAN countries, Indonesia also has much population. And with the number of unhealthy lifestyle at the present will also increase the prevalence of degenerative diseases, especially heart disease and hypertension. Therefore should needs special attention in dealing with this disease. The author here wants to know how good the public acceptance is toward the new concept of  specialty pharmacy for heart and hypertension diseases, to identify the factors that influence the public acceptance, and to identify the strategies to be adapted tothe public acceptance for this kind of speciality pharmacy. In this research used a questionnaire as a tool for taking data and conducted a descriptive study in October – December 2012 in PondokAren, South Tangerang. During the period of October–December 2012 the author interviewed 101 respondents and got that the respondents accepted and agree the concept of speciality pharmacy and believed it would also have better quality product in terms of completeness and availability of drugs. There are also some factors that significantly influence the peopleof PondokAreninthe acceptance of this specialty pharmacy such as products, services, prices, promotions, people and physical evidence with 61.334 F count> F table 2.17, t count 7.080; 9.242; -0,084; 3,230; 4.094; 7.425 (products; services; price; promotion; people; place)> t table 1,960 and determination coefficient is: 0.893,

Indonesia merupakan salah satu tempat investasi yang sangat baik, disamping pertumbuhan ekonomi yang sangat baik dibandingkan negara-negara ASEAN lainnya, indonesia juga mempunyai jumlah penduduk yang banyak. Dan dengan banyaknya pola hidup tidak sehat pada saat ini juga akan meningkatkan prevalensi penyakit degeneratif khususnya penyakit jantung dan hipertensi. Sehingga perlu dilakukan perhatian khusus dalam menangani penyakit ini. Peneliti disini ingin mengetahui penerimaan masyarakat terhadap konsep baru apotek spesialis yang mengkhususkan pelayanannya pada penyakit jantung dan hipertensi, mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penerimaan masyarakat tersebut dan mengidentifikasi strategi yang mengadaptasi penerimaan masyarakat terhadap apotek spesialis tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat pengambil data dan dilakukan studi deskriptif yang dilakukan pada bulan oktober – Desember 2012 di daerah Pondok Aren, Tangerang selatan. Selama periode Oktober-Desember 2012 didapatkan sebanyak 101 responden dan terlihatbahwarespondenmenerimadanmenyetujuiadanyaapotekspesialis yang dipercaya juga akanmempunyaikualitasobat yang lebihbaikdarisisikelengkapanobatdanketersediaanobat. Terdapat pengaruh yang signifikan dari faktor-faktor produk, pelayanan, harga, promosi, people dan physical evidence terhadap penerimaan masyarakat Pondok Aren pada penerimaan apotek spesialis obat-obat jantung dan antihipertensi dengan nilai F hitung61,334> f tabel 2,17, t hitung 7,080; 9,242; -0,084; 3,230; 4,094; 7,425 (produk; pelayanan; harga; promosi; people; tempat) > t tabel 1,960 dan koefisiendeterminasiadalah : 0,893.


Keywords


Specialty Pharmacy, Heart and Hypertension Diseases, Quality Service, Mix Marketing

Full Text:

PDF

References


FX. Laksana Agung S, Robert Adhi Ksp: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tertinggi di ASEAN. 2011. Diambil dari: http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2011/11/29/15071710/Pertumbuhan.Ekonomi.Indonesia.Tertinggi.di.ASEAN. Diakses 20 Januari, 2011

Waspada:Pasar Farmasi tumbuh 11,3 persen/tahun. Diambil dari: http://waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=222874:-pasar-farmasi-tumbuh-113-persentahun&catid=18:bisnis&Itemid=95. Diakses pada 23 Januari, 2011

Jakarta Kini. Diambil dari: http://www.bappedajakarta.go.id/sekilasjktkini.asp. Diakses pada 27 Desember, 2011

Gambaran Umum Kota Tangerang Selatan. 2012. Diambil dari: http://www.tangerangselatankota.go.id/ . Diakses pada 04 Mei 2012.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI. Riset Kesehatan Dasar 2010. Jakarta. Departemen Kesehatan; 2010, h 399-400

Antara. 26,8Persen, KasusPenyakitJantung di Indonesia.2011. Diambildari: http://www.surya.co.id/2011/09/15/268-persen-kasus-penyakit-jantung-di-indonesia. Diaksespada 27 januari, 2011

Ganda Siburian, Angka Penyakit Jantung Koroner Indonesia.2001. Diambil dari: http://kadri-blog.blogspot.com/2010/11/angka-penyakit-jantung-koroner.html. diakses pada 27 januari, 2011

Menkes: Prevalensi Hipertensi di Indonesia 17-21%. Diambil dari: http://ilmumanajemenpemasaran.wordpress.com/2009/10/31/fktr-pngarh-kep-pmblian/. Diakses pada 08 Maret 2013

Syamsuni, Farmasetika Dasar dan Hitungan Farmasi. Jakarta: Buku kedokteran EGC. 2006.

Widya utami, Manajemen Ritel strategi dan implementasi operasional bisnis ritel modern Indonesia. 2010

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Direktorat Jenderal Pelayanan Kefarmasian dan Alat Kesehatan. Pedoman Pelayanan Informasi Obat Di Rumah Sakit

Keputusan Menteri Kesehatan (KepMenkes) RI No. 1027/MenKes/SK/IX/2004 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek.

Peraturan Pemerintah (PP) RI No. 50 tahun 2009 tentang Pekerjaan Kefarmasian Apotik.

Bilson Simamora. Riset perilaku konsumen, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta:2008

Gilarso T.Pengantarilmuekonomimikro, kanisius, Yogyakarta: 2003, edisirevisi

Sugiharto, TedyHerlambangBrastoro, RachmatSudjana Said Kelana.Ekonomimikrosebuahkajiankomprehensif. PT GramediaPustakaUtama, Jakarta: 2002

Faktor-Faktor yang mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen. Diambil dari: http://ilmumanajemenpemasaran.wordpress.com/2009/10/31/fktr-pngarh-kep-pmblian/. Diakses pada 08 Maret 2013

Pharmacy. Diambil dari: http://www.freedomdrug.com/. Diakses pada: 8 maret 2013.

Freedom Fertility Pharmacy. Diambil dari: http://www.freedomdrug.com/. Diakses pada: 08 Maret 2013.

Bilson Simamora. Memenangkan Pasar dengan pemasaran Efektif dan Profitabel. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta:2001

Kartajaya, Hermawan, MarkPlus On Strategy, PT GramediaPustakaUtama, Jakarta: 2002.

Lubis Arlina. Strategi Pemasaran Dalam Persaingan Bisnis. Sumatra Utara: Fakultas Ekonomi Universitas Sumatra Utara; 2004, h 1-7

Dewantoro Kriswandi. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Wisma Anisa Batik di Kabupaten Bangkalan). Surabaya: Fakultas Ekonomi Unesa.

Hareyah Yoyoh. Pemasaran Sosial (modul ajar). Jakarta: Universitas Mercubuana. h 3-5

Hidayani Sari. Segmentasi, Targeting dan Positioning. 2008. Diambil dari: http://saridewihidayani.multiply.com/journal/item/11?&show_interstitial=1&u=%2Fjournal%2Fitem. Diakses pada 27 Januari 2012.

Vellas Francois, Becherel Lionel. Pemasaran Pariwisata Internasional. Diterjemahkan oleh Indriati. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. 2008, h 142

Rangkuti Freddy. Riset Pemasaran. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta: 1997. h 7-9;45-49

Sugiono. Metode Penelitian Bisnis. CV Alfabeta. Bandung: 2007

https://www.caremark.com




DOI: https://doi.org/10.52447/scpij.v1i1.278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.