EVALUASI PEMANTAUAN TERAPI OBAT PADA PASIEN ASCITES + CKD + HD ON TREATMENT DI RUMAH SAKIT “X”

nuralang nuralang, Diana Laila Ramatillah

Abstract


Abstrak

CKD atau  disebut juga dengan gagal ginjal kronik merupakan kehilangan fungsi ginjal progresif, yang terjadi berbulanbulan sampai bertahun-tahun, yang di karakterisasi dengan perubahan struktur normal ginjal secara bertahap. Penyebab gagal ginjal kronik paling banyak di Indonesia adalah hipertensi (34 %), nefropati diabetika (27 %), dan glomerulopati primer (14 %). Selain itu penggunaan obat-obatan tertentu dapat menyebabkan gangguan terhadap fungsi ginjal, diantaranya adalah  penggunaan obat-obat antihipertensi, antibiotik dan AINS pada penderita pnyakit ginjal yang pada akhirnya berisiko tinggi mendapatkan Drug Related Problems (DRPs). Tujuan studi kasus ini adalah untuk mengetahu evaluasi dan mengidentifikasi DRPs pemantauan terapi obat pada pasien gagal ginjal kronik. Metode yang dilakukan secara univariat dengan cara analisa profil pengobatan pasien sesuai dengan DRPs. Dari hasil studi kasus diperoleh kesimpulan bahwa terapi pengobatan yang diterima oleh pasien, masih terdapat beberapa penggunaan obat yang tidak rasional, khususnya pada lama terapi pengobatan selain itu juga terdapat beberapa jenis obat yang dapat menimbulkan interkasi apabila digunakan secara bersamaan.

 

 


Keywords


DRPs; Gagal Ginjal Kronik

References


World Health Organization. Drug and Terapeutics Commitee a practical guide. USA: 2003.

Kenward, R; Tan, C.K. penggunaan obat pada gangguan ginjal, dalam dalam Aslam farmasi klinis: menuju pengobatan rasional dan penghargaan pilihan pasien 2003. Jakrta: PT. Elex Media Komputindo Gramedia. 2003. 140-153.

Astrid, A,; Arthure, Mongan,; Maya F.M. Gambaran kadar kreatinin serum pada pasien penyakit ginjal kronik stadium 5 non dialisisis: Jurnal e-Biomedik, 2016. 4(1): 178-183.

Guidelines for the management of chronic kidney disease. 2008 Canadian Medical Association or its licensors. Jurnal CAMJ. 179(11): 1154-1162

Kementerian Kesehatan. Konsensus Pengelolaan Dislipidemia di Indonesia 2012. Jakarta: Perkumpulan Endokrinologi Indonesia; 2012

Ina SH, P.D. Konsensus Penatalaksanaan Hipertensi 2014. Jakarta: Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia; 2014.

Putri d, Agung N, Mahendra AW, Indrayani, ,et al. Profil pemberian nifedipine kombinasi metildopa dan MgSO4 pada pasien pre-eklamsi berat di Rumah Sakit Daerah Mangusada Badung: Jurnal Intisari Sains Medis. 2020; 11(3): 1222-12229.

Mehdi, U.; Toto, R. D. 2009. Anemia, Diabetes and chronic kidney Disease. Diabetes care




DOI: https://doi.org/10.52447/scpij.v6i1.4628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.