Farmasis Bersatu Menuju Eradikasi Tuberkolosis Paru Pada Anak

Rajes Khana, Diana Laila Ramatillah, Ahmad Rofii, Wahyu A, Zulbachry A, Aprilia H.M., M. Ihsan F, Ria N.A, Lutfiatul Q, Rina M.T., Risma Risma, Sulistya Sulistya, Windy H., Maryani Maryani, Arbainul K.W., Dwi T.H., Fajar Fajar, Risky K.G., Aulia F.A., Deniansyah Deniansyah, Roudoh Roudoh, Mita A.

Abstract


Tuberkolosis adalah penyakit menular langsung yang disebabkan oleh kuman TB (Mycobacterium Tuberculosis). Sebagian besar kuman TB menyerang paru. Merunut WHO Indonesia sebagai salah satu Negara dengan penyakit TB anak mecapai 60% dari seluruh dunia. Dengan banyaknya faktor yang terlihat pada pasien TB paru pada anak maka, penyakit ini perlu diperhatikan secara khusus. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat terkait tanda dan gejala TB paru pada anak serta penatalaksanaannya. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk seminar daring dengan memanfaatkan teknologi digital, yaitu Zoom Meeting dengan jumlah peserta 90 orang. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 26 Mei 2020 jam 08:30 wib sampai 11:00 wib. Indikator dari webinar didapat dari hasil pengisian pretest sebelum kegiatan webinar dilakukan dan post test sesudah webinar melalui google form oleh peserta. Hasil kegiatan ini secara kualitas 84,00% peserta dapat memahami materi yang diberikan dengan parameter nilai posttest ≥ 60.

Keywords


Tuberkolosis, Paru Anak, Webinar

Full Text:

PDF

References


Ernirita, Fitria AP, Wiakdo G, Permatasari EAT, Kurniaty I. 2020. Karakteristik Skrining Terhadap Kejadian Tuberculosis (Tb) Paru Pada Anak Di Puskesmas Kecamatan Cakung Jakarta Timur. Jakarta Timur : Jurnal Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, P. 2745-6080.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2016.Petunjuk Teknis Manajemen Dan Tatalaksana TB Anak. Jakarta : Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2019. Pedoman Nasional Pelayanan Kedokteran Tata Laksana Tuberkulosis. Jakarta : Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2013. Petunjuk Teknis Manajemen Dan Tatalaksana TB Anak. Jakarta : Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Wijaya DS M, Manitik JF Max, Rampengan. 2019. Faktor Resiko Tuberkulosis Pada Anak.




DOI: https://doi.org/10.52447/societas.v1i1.6319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email : jurnalsocietas@uta45jakarta.ac.id

Lt. 3, Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta,Jl. Sunter Permai Raya, Sunter Agung Podomoro, Jakarta 14350

Creative Commons License
Journal Societas is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta