PENGELOLAAN SAMPAH DARI WASTE4CHANGE TERKAIT PERMASALAHAN SAMPAH DI DKI JAKARTA

Fitria Yuliani

Abstract


Abstract: Garbage accumulation that occurred in Indonesia, make a lot of problems that arise. This is also due to lack of information, education and government firmness in enforcing this waste policy. We never know and care where the waste we produce is carried and managed; whether the waste is recycled, or become a disaster for others. When the government is able to firmly enforce the waste, and also cooperate with the community related to the processing of waste then slowly but surely the problem of garbage pileup is no longer the case. With education processing done it can also be an economic land for housewives and other communities when the wise community in doing waste processing. Many innovations have been done by the government and also the community to reduce the existing waste problems.

 

Keywords: Garbage, Waste4change, Jakarta

 

Abstrak: Penumpukan sampah yang terjadi di Indonesia , membuat banyak permasalahan yang timbul. Hal tersebut juga disebabkan karena kurang nya informasi, edukasi serta ketegasan pemerintah dalam menegakkan kebijakan sampah ini. Kita tidak pernah tahu dan peduli kemana sampah yang kita hasilkan dibawa dan dikelola; apakah sampah tersebut didaur ulang, atau menjadi bencana bagi orang lain. Bila mana pemerintah mampu tegas dalam menegakkan sampah, dan juga bekerjasama dengan masyarakat terkait dengan pengolahan sampah maka dengan perlahan namun pasti persoalan soal penumpukan sampah tidak lagi terjadi. Dengan pendidikan pengolahan yang dilakukan hal tersebut juga dapat menjadi lahan ekonomi bagi ibu rumah tangga maupun masyarakat lain nya bila mana masyarakat bijak dalam melakukan pengolahan sampah. Banyak inovasi yang sudah dilakukan oleh pemerintah dan juga masyarakat untuk mengurangi masalah sampah yang ada selama ini.

 

Kata Kunci : Sampah, Waste4change, Jakarta


Full Text:

PDF

References


Asian Development Bank (ADB) dalam Zubaedi (2007 : 99-100)

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1988), h. 189.

Ismet Firdaus, Pengalaman Alquran tentang Pemberdayaan Dhuafa, (Ciputat: Dakwah Press UIN Syarif Hidayatullah, 2008), h. 9

PPM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Pedoman Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat oleh Dosen, h. 34

Richard Heeks dalam LAN (2007:98)

Rogers dalam LAN (2007:115)

Rosenfeld dalam Sutarno (2012:132)

Schuler, Hashemi dan Riley dalam Suharto (1997:216)

Yogi dalam LAN (2007:115)




DOI: https://doi.org/10.52447/ijpa.v4i1.1134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.