INOVASI PELAYANAN KESEHATAN ‘BUMIL RISTI’ SEBAGAI UPAYA MENURUNKAN ANGKA KEMATIAN IBU DAN BAYI DI PUSKESMAS SEMPU KECAMATAN SEMPU KABUPATEN BANYUWANGI

Yusticia Tria Parwita

Abstract


Abstract This paper aims to describe the innovation of public services in the health sector through the Bumil Risti program at the Sempu Health Center, Sempu District, Banyuwangi Regency. Puskesmas Sempu face a problem, namely the high rate of maternal and infant mortality in Banyuwangi. The high mortality rate in this region occurs due to the slow service of pregnant women. Puskesmas Sempu create innovations in their services to be able to overcome the problems that are in the spotlight. The research findings show that the Bumil Risti service innovation carried out by Puskesmas Sempu is effective and efficient in reducing maternal and infant mortality rates in its operational areas. Innovations are made by providing services that end access, which can be obtained inside and outside the health center. By implementing this innovation, Puskesmas Sempu succeeded in eliminating the death rate in 2014 and 2015.

Keywords: Innovation, Public Service, Bumil Risti

Abstrak Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan inovasi pelayanan publik dibidang kesehatan melalui program Bumil Risti di Puskesmas Sempu, Kecamatan Sempu, Kabupaten Banyuwangi. Puskesmas Sempu menghadapi masalah yaitu tingginya jumlah angka kematian ibu dan bayi tertinggi di Banyuwangi. Tingginya angka kematian di wilayah ini terjadi karena lambatnya pelayanan ibu hamil. Puskesmas Sempu menciptakan inovasi dalam layanan mereka untuk dapat mengatasi masalah yang menjadi sorotan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa inovasi layanan Bumil Risti yang dilakukan oleh Puskesmas Sempu efektif dan efisien dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi di wilayah operasinya. Inovasi yang dilakukan dengan memberikan pelayanan yang menekankan kemudahan akses, yang dapat diperoleh di dalam dan di luar pusat kesehatan. Dengan menerapkan inovasi ini, Puskesmas Sempu berhasil meniadakan tingkat kematian pada tahun 2014 dan 2015.

Kata Kunci : Inovasi, Pelayanan Publik, Bumil Risti

Keywords


Inovasi, Pelayanan Publik, Bumil Risti

Full Text:

PDF

References


Angraini, Mita. 2017. Inovasi Pelayanan SAKINA di Puskesmas Sempu Kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangi (SAKINA Service Innovation at Sempu Public Health Center, Sempu Sub-Regency, Banyuwangi Regency) . Jurnal E-SOSPOL Vol. IV Edisi 2; Mei - Agustus 2017; hal. 75 - 81

Azwar, Azrul. 2010. Pengantar Administrasi Kesehatan. Jakarta: Binarupa Aksara. banyuwangikab.go.id/profil/profil-kesehatan.html diakses 26 Januari 2018

Istianto, Bambang. 2009. Manajemen Pemerintahan Dalam Perspektif Pelayanan Publik. Jakarta:

Jatim.bps.go.id diakses tgl 26 Januari 2018

Keban, Yeremias T. 2008. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik (konsep, teori, dan isu). Yogyakarta: Gava Media.

Muluk, Khairul. 2008. Knowledge Management Kunci Sukses Inovasi Pemerintah Daerah. Jatim: Bayumedia Publishing.

Murdyastuti, Anastasia. 2009. Teori Administrasi Publik. Malang: Universitas Brawijaya Malang.

Sumarto, Hetifah Sj. 2009. Inovasi, Partisipasi, dan Good Governance. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Suwarno, Yogi. 2008. Inovasi Disektor Publik. Jakarta:STIA-LAN Press.




DOI: https://doi.org/10.52447/ijpa.v5i2.4389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.