WUJUD INOVASI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN KOTA TRENGGALEK DALAM TANGANI KEMISKINAN MELALUI PROGRAM GERTAK (GERAKAN TENGOK BAWAH MASALAH KEMISKINAN)

Siti Nurauliyah Khaerunnisa

Abstract


Abstract, The problem of poverty is now a very serious discussion. Not just for some countries, but in some areas has become the subject of discussion. The problem of poverty is also found in Trenggalek regency, the poverty that is encountered is not only about economy but poverty is also in the speed between rich and poor. Judging from some of the issues at Trenggalek, one of them is uneven and also the serious attention of the district government to combine this poverty. Similarly, it also affects the human-human in Trenggalek District. The local government should create a service facility for the change and its regional development. It is also implemented by the government of Trenggalek regency, where the problem of poverty is still high enough for Trenggalek regency government to find innovative solutions with the implementing program of GERTAK (Gerakan Tengok Bawah Kemiskinan). Through the program, Trenggalek District Government can be the solution of the poverty problem in Trenggalek. Trenggalek Regency is one of the areas implemented by GERTAK. The research method used to overcome GERTAK innovation is a qualitative method. From the research result, that is GERTAK give service of soccer aid to society in service implementation to be able to overcome or solve poverty problem and also social / human gap between rich and poor.

 Keywords: Poverty, Innovation, Service

 

Abstrak, Masalah kemisikinan saat ini telah menjadi pembahasan yang sangat serius. Bukan hanya untuk beberapa Negara, namun dibeberapa daerah pun telah menjadi permasalahan pokok pembahasan. Permasalahan kemiskinan ini juga ditemui pada Kabupaten Trenggalek, kemiskinan yang ditemui pun tidak hanya perihal ekonomi namun kemiskinan tersebut juga berada pada kesenjangan antara kaya dan miskin. Melihat dari beberapa hal yang menjadi pokok masalah kemiskinan di Trenggalek, salah satu nya adalah tidak merata nya perekonomian dan juga perhatian serius dari pemerintah kabupaten untuk dapat menangani kemiskinan ini. Sehingga hal tersebut juga berdampak kepada kesenjangan sosial-manusia yang ada di Kabupaten Trenggalek. Pemerintah daerah harus mampu membuat inovasi program pelayanan untuk perubahan serta pembangunan daerah nya. Hal tersebut juga di implementasikan oleh pemerintah Kabupaten Trenggalek, dimana melihat masalah kemiskinan masih cukup tinggi sehingga pemerintah Kabupaten Trenggalek mencari solusi yang inovatif yakni dengan menerapkan program GERTAK (Gerakan Tengok Bawah Masalah Kesmiskinan). Melalui program tersebut, pemerintah Kabupaten Trenggalek berharap dapat menjadi solusi dari permasalahan kemiskinan di Trenggalek. Kabupaten Trenggalek adalah salah satu daerah yang melaksanakan GERTAK. Metode penelitian yang digunakan untuk meneliti inovasi GERTAK adalah metode kualitatif. Dari hasil penelitian, bahwa GERTAK memberikan layanan jemput bola pada masyarakat dalam pelaksanaan pelayanan untuk dapat menaggulangi atau menuntaskan masalah kemiskinan dan juga kesenjangan sosial/manusia antara kaya dan miskin.

 

Kata Kunci : Kemiskinan, Inovasi, Pelayanan

Keywords


Kemiskinan, Inovasi, Pelayanan

Full Text:

PDF

References


Daerah, U.-U. N. (2014). Kementrian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertahanan Nasional. Retrieved from http://www.bpn.go.id/PUBLIKASI/Peraturan-Perundangan/Undang-Undang/undang-undang-nomor-23-tahun-2014-4893

Gertak, P. S. (2017, September 7). Posko Gertak . Retrieved from http://poskogertak.id/pembentukan-satgas-tkpk/

Pemerintah Kabupaten Trenggalek. (2015). Retrieved from https://www.trenggalekkab.go.id/menu?page=53&cat=24

Robert. (1996). Pelayanan Publik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryawati, C. (2010). Memahami Kemiskinan Secara Multidimensional. Universitas Diponegoro.

Trenggalek, B. P. (n.d.). Statistik Penduduk Kabupaten Trenggalek. Retrieved from https://trenggalekkab.bps.go.id/

Trenggalek, M. A. (2017, April Rabu 26). Retrieved from http://bappeda.trenggalekkab.go.id/berita-mensos-apresiasi-program-gertak-trenggalek-.html




DOI: https://doi.org/10.52447/ijpa.v5i2.4390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.