EVALUASI PROGRAM INDONESIA PINTAR DALAM UPAYA PEMERATAAN PENDIDIKAN

Jumanah Jumanah, Hilda Rosita

Abstract


ABSTRAK

          Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari adanya program  indonesia pintar dalam upaya pemerataan pendidikan di indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini didapat melalui studi literatur dengan mencari, mengumpulkan dan  membaca berbagai jurnal ataupun artikel tentang program indonesia pintar yang mempunyai dampak pada pemerataan pendidikan di indonesia. Dalam pengimplementasiannya Program indonesia pintar sendiri memang masih terdapat berbagai hambatan ini yang  menjadi salah satu faktor penghambat dalam menekan turunnya angka putus sekolah di indonesia.  Seperti, kurang akuratnya penentuan calon peserta didik penerima Program indonesia pintar, masih terjadi keterlambatan dalam pencairan dana, sosialisasi program ini yang masih kurang, lamanya proses dalam memverifikasi kepemilikan kartu, dan tingkat kesadaran para wali murid terhadap peruntukkan bantuan Program indonesia pintar yang masih kurang. Dengan begitu upaya pemerintah untuk menekan angka putus sekolah kurang optimal yang berdampak pada pemerataan pendidikan di indonesia. Sehingga pengimplementasian program indonesia pintar perlu didukung oleh beberapa faktor-faktor yang mendorong agar program ini dapat berjalan dengan lebih efektif.


Keywords


Program Indonesia Pintar; Pemerataan Pendidikan.

References


Achmad, R., & aris, toening winarni. (2020). Evaluasi terhadap pelaksanaan pengawasan program indonesia pintar di sekolah sekecamatan todanan kabupaten blora. Majalah Ilmiah FISIP UNTAG Semarang, 1(21), 215–232.

Ahmad. (2013). Kinerja Program Indonesia Pintar Melalui Kartu Indonesia Pintar (Survei Pada 6 Provinsi di Indonesia). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Aziz, A. R. (2019). Implementasi Instruksi Presiden ( Inpres ) No 07 Tahun 2014 tentang Kebijakan Kartu Indonesia Pintar ( KIP ) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Masyarakat Miskin di Indonesia. Jurnal Pemerintahan Dan Politik Global, 4(02), 58–68.

Bella, ghia dimmera, & Pebria, dheni purnasari. (2019). permasalahan dan solusi program indonesia pintar dalam mewujudkan pemerataan pendidikan di kabupaten bengkayang. Kybernan: Jurnal Studi Manajemen, 2(1), 307–314. https://doi.org/10.35326/kybernan.v2i1.469

Hakim, A. (2020). Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah. Jurnal Pendidikan, 21(2), 122–132. https://doi.org/10.33830/jp.v21i2.907.2020

Idrus, M. (2012). Mutu pendidikan dan pemerataan pendidikan di daerah [Quality of Education and Equitable Education in Regions]. Psikopedagogia, 1(2), 1–10.

Karningsih, K. (2021). Implementasi Program Indonesia Pintar di Era Pandemi Covid-19. Public Service and Governance Journal, 2(02), 41–49. http://jurnal.untagsmg.ac.id/index.php/psgj/article/view/2276%0Ahttp://jurnal.untagsmg.ac.id/index.php/psgj/article/download/2276/1515

Maya, sri ismayanti, Yus, D., Syaefudin, & Didik, K. (2019). Implementasi Program Indonesia Pintar (PIP). Jurnal Cendikiawan Ilmiah PLS, 4(1), 38–45.

Nikmah, F. A., Wardani, N. T., Matsani, N., Nikmah, F. A., Wardani, N. T., & Matsani, N. (2020). Apakah Kartu Indonesia Pintar Berhasil Menurunkan Angka Putus Sekolah ? Does Kartu Indonesia Pintar Successfully Reduce School Dropout Numbers ? 4(2), 11–17.

Nurhasana Hayati, E. Y. S. (2019). Evaluasi Implementasi Program Indonesia Pintar di SMA Negeri 1 Sembawa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 468–480.

Nurjaman, A., & Wijayanti, M. P. (2020). Analisis Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi PPDB Sebagai Upaya Pemerataan Pendidikan Sekolah Menengah Atas Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1). https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jkpp/article/view/12064

Rahman, B., & Asmara, R. (2020). Implementasi Program Indonesia Pintar bagi Siswa Tingkat Sekolah Dasar. HUMANIS: Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 6(1), 19–36. https://doi.org/10.52137/humanis.v6i1.11

Rakista, P. M. (2020). Implementasi Kebijakan Program Indonesia Pintar (PIP). Sawala : Jurnal Administrasi Negara, 8(2), 224–232. https://doi.org/10.30656/sawala.v8i2.2774

Retnaningsih, H. (2017). Program Indonesia Pintar: Implementasi Kebijakan Jaminan Sosial Bidang Pendidikan (Studi di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan). Jurnal Aspirasi, 8(2), 161–177.

Rohaeni, N. E., & Saryono, O. (2018). Implementasi Kebijakan Program Indonesia Pintar ( PIP ) Melalui Kartu Indonesia Pintar ( KIP ) dalam Upaya Pemerataan Pendidikan. Journal of Education Management and Administration Review, 2(1), 193–204.

Sari, M., Musdalifah, S., & Asfar, E. A. (2021). Implementasi Kebijakan Kartu Indonesia Pintar Dalam Upaya Pemerataan Pendidikan di MTsN 1 Watampone. Jurnal Mappesona, 1, 43–53. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/mappesona/article/view/1772

Satoto, B. D. (2015). PENGELOMPOKAN WILAYAH MADURA BERDASAR INDIKATOR PEMERATAAN PENDIDIKAN MENGGUNAKAN PARTITION AROUND MEDOIDS DAN VALIDASI ADJUSTED RANDOM INDEX. 1(1), 17–24.

Suardi, W., Purnomo, E. P., Salsabila, L., Yogyakarta, U. M., & Pintar, P. I. (2021). Penerapan Kebijakan Pendidikan " Program Indonesia Pintar " Dalam Perspektif Pembangunan berkelajutan di indonesia. Moderat, 7(3), 608–621.

Suparman, E. (2020). Implementasi Kebijakan Tentang Program Indonesia Pintar Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Salopa Di Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Syntax Transformastion, 1(2), 18–26.

Suparti, A. D., Studi, P., Sosiologi, P., & Tanjungpura, U. (n.d.). ANALISIS PELAKSANAAN PENERIMA PROGRAM KELUARGA HARAPAN MELALUI KARTU INDONESIA PINTAR PADA SISWA KELUARGA.

Suryana, M., & Budiono, B. (2019). Analisis Pemerataan Pendidikan Tingkat Pendidikan Dasar Di Kabupaten Buru Provinsi Maluku. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikkan, 7(1). https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jkpp/article/view/12049

Zahimu, H. (2018). Evaluasi Program Indonesia Pintar Pada Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Baubau Tahun 2017. Kybernan: Jurnal Studi Kepemerintahan, 2(1), 37–46. https://doi.org/10.35326/kybernan.v2i1.469




DOI: https://doi.org/10.52447/ijpa.v8i2.6042

Refbacks

  • There are currently no refbacks.