Penyuluhan Kesehatan Tentang Cara Kerja Obat Di Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 17 – Jakarta Utara

Yelfi Anwar, Seftian Putra Dwijaya Marpaung, Michael Michael

Abstract


Obat adalah benda atau zat yang dapat digunakan untuk merawat penyakit, meredakan atau menghilangkan gejala, atau mengubah proses kimia dalam tubuh. Obat merupakan bahan atau paduan bahan-bahan yang dimaksudkan untuk digunakan dalam menetapkan diagnosis, mencegah, mengurangi, menghilangkan, menyembuhkan penyakit atau gejala penyakit, luka atau kelainan fisik dan psikis pada manusia atau hewan. Di Amerika Serikat, seorang medis profesional dapat memperoleh obat dari perusahaan farmasi atau apotek (yang membeli obat dari perusahaan farmasi). Apotek dapat juga menyediakan obat secara langsung kepada pasien bila obat tersebut dapat dengan aman digunakan sendiri, atau diberi kuasa dengan resep yang ditulis oleh dokter. Dalam penyuluhan kesehatan tentang cara kerja obat di dalam tubuh di Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 17- Jakarta Utara dengan umlah siswa 26 orang (Kelas 3). Media yang digunakan  digunakan dalam penyuluhan ini yaitu, banner, leaflet, dan power point untuk mendukung kegiatan menjadi lebih efektif. Dari beberapa siswa sebelum kami melakukan penyuluhan, sebagian besar mereka belum mengetahui tentang cara kerja obat di dalam tubuh oleh karena itu penyuluhan ini perlu kami lakukan di Sekolah Dasar tersebut. Dari penyuluhan yang telah dilakukan, dari total 26 siswa/i diperoleh persentase siswa yang telah memahami tentang bagaimana Cara Kerja Obat di dalam tubuh sebesar 93 % dan siswa yang masih belum memahami tentang bagaimana cara kerja obat di dalam tubuh sebesar 7%. Dengan adanya persentase yang diperoleh, secara garis besar siswa/i telah memahami tentang cara kerja obat.

 

Kata Kunci: Penyuluhan, Cara kerja obat di dalam tubuh

ABSTRACT

In health education about the workings of drugs in the body in the Primary School (SD) Muhammadiyah 17- North Jakarta with 26 students (Class 3). The media used in this outreach are banner, leaflet and power point to support activities more effectively. From a number of students before we did counseling, most of them did not know about the workings of drugs in the body, so we needed to do this counseling at the elementary school. From counseling that has been done, from a total of 26 students obtained the percentage of students who have understood about how the drug works in the body by 93% and students who still do not understand about how the drug works in the body by 7%. With the percentage obtained, in general students have understood about how medicine works.

Keywords: Counseling How the drug works in the body


Full Text:

PDF

References


Attwood, D. 2008. Physical Pharmacy. London: Pharmaceutical Press. Departemen Farmakologi dan Terapeutik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. 2012. Farmakologi dan Terapi. Jakarta: Badan Penerbit FKUI.

Gunawan, Gan Sulistia. 2009. Farmakologi dan Terapi edisi 5. Jakarta: Departemen Farmakologi dan Terapeutik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

http://majalah1000guru.net/2011/02/cara-kerja-obat/

Joyce, L.K and Hayes, E.R. 1996. Farmakologi, Pendekatan Proses Keperawatan. Alih Bahasa: Dr. Peter Anugrah. Jakarta: EGC.

Katzung, B.G. Farmakologi Dasar dan Klinik, Edisi ke tiga. Jakarta: Penerbit EGC.

Tambayong Jan, 2002. Farmakologi untuk Keperawatan. Jakarta: Widya Medika




DOI: https://doi.org/10.52447/berdikari.v2i1.4091

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta


Pengunjung