Penyuluhan Penyediaan Pangan Aman, Sehat dan Bergizi untuk Bekal Anak Sekolah kepada Kader PKK di RW 02 Cipadung Kidul

Anne Yuliantini, Emma Emawati, Muhammad Nur Abdillah

Abstract


Salah satu program pokok PKK adalah bidang pangan. Penyuluhan penyediaan pangan aman, sehat dan bergizi untuk bekal anak sekolah sesuai dengan panduan gizi seimbang penting untuk disampaikan kepada kader PKK khususnya Kader PKK RW 02 Kelurahan Cipadung Kidul, Kota Bandung. Kader PKK ini telah terbentuk cukup lama dan aktif dalam melakukan kegiatan PKK dengan wilayah yang dekat dengan kampus sebagai sarana dalam melakukan kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan pengmas ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan kader PKK dalam pemilihan dan pengolahan makanan sehat untuk bekal anak sekolah sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah penyampaian materi secara langsung disertai sesi diskusi dan praktik langsung pembuatan makanan sehat. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan dari hasil evaluasi melalui pretest dan posttest. Kegiatan ini memberikan rasa antusias yang besar dan perlu dilakukan lagi dengan kajian topik yang berbeda.

Kata Kunci: Kader PKK, Pangan sehat dan bergizi, penyuluhan

ABSTRACT

One of the main PKK programs is the food sector. Extension of the provision of safe, healthy and nutritious food for the provision of school children in accordance with the balanced nutrition guide is important to convey to PKK cadres, especially PKK Cadres RW 02, Cipadung Kidul, Bandung. This PKK cadre has been formed for a long time and is active in carrying out PKK activities with areas close to the campus as a means of conducting community service activities. This activities aims to increase the knowledge of PKK cadres in the selection and processing of healthy food for provision of school children. The method used with delivery of material directly accompanied by discussion and direct practice of making healthy food. The results of activity showed that was an increase in knowledge from the evaluation results. This activity provides great enthusiasm and needs to be done again with different topic.

Keywords: PKK cadres, healthy and nutritious food, counseling


Full Text:

PDF

References


Kementrian Kesehatan RI. (2014). Pedoman Gizi Seimbang. Dirjen Bina Gizi dan KIA. Jakarta

BPOM RI. (2013). Pedoman Jajanan Anak Sekolah untuk Pencapaian Gizi Seimbang. Direktorat Standardisasi Produk Pangan Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan Dan Bahan Berbahaya. Jakarta

Andriani, M. & Wijatmadi, B. (2012). Pengantar Gizi Masyarakat. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Almatsier, Sunita. (2005). Prinsip Dasar Ilmu Gizi. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.52447/berdikari.v2i2.4094

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta


Pengunjung