Perkembangan Online Shop di Media Sosial Untuk Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat Desa Pasir Madang Kecamatan Sukajaya kabupaten Bogor Jawa Barat

Fauziah Fauziah, Ari Soetiyani, Lukiyana Lukiyana, Ade Almin, Ade Irma

Abstract


Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat di Desa Pasir Madang Kecamatan Sukajaya Bogor khususnya siswa SMPS mengenai perkembangan online shop di media sosial, mulai dari cara mengakses, menggunakan serta memanfaatkan online shop untuk menambah pemmahaman, pengetahuan dan berbisnis secara online. Media online yang biasa banyak mengekspose online shop adalah instagram, facebook, Twitter. Sehingga masyarakat Desa Pasir Madang memiliki nilai tambah baik dari segi pengetahuan teknologi komunikasi secara keilmuan maupun secara praktis. Metodologi yang dipergunakan adalah sosialisasi dan pelatihan dengan simulasi sebagai alat supaya peserta dapat lebih memahami dan mempraktekan teknologi komunikasi secara positif dan tepat guna. Pelaksanaan kegiatan sosialisasi dan pelatihan perkembangan online shop di media sosial untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan siswa SMPS Pasir Madang Di Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor Jawa Barat yang dilakukan oleh Dosen Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, telah dilaksanakan dengan baik dan dapat berjalan dengan lancar. Hal ini dapat dilihat dari aktifnya peserta yang ikut acara penyuluhan dan pelatihan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan peserta sosialisasi. Selain itu memberikan beberapa arahan, cara untuk memanfaatkan online shop itu sendiri seperti bagaimana menggunakan akun media sosial dan berbelanja online di media sosial yang bijak sesuai dengan kebutuhan dan memanfaatkan online shop untuk menambah uang saku siswa SMPS Pasir Madang.

Kata Kunci: Perkembangan Online Shop, Media Sosial

ABSTRACT

The implementation of socialization activities and online shop development training on social media to increase students' understanding and knowledge of Pasir Madang SMPS Students in Sukajaya District, Bogor, West Java, conducted by a Lecturer of University of August 17, 1945 Jakarta, has been carried out well and can run smoothly. This can be seen from the active participants who participated in counseling and training events with many questions raised by participants in the socialization.The socialization activities regarding the development of online shop on social media is to provide an explanation and description of how to use online shop on social media that is good and efficient. In addition to providing some direction, ways to utilize the online shop itself such as how to use social media accounts and shop online on social media wisely as needed and use the online shop to add pocket money to students of MPS Pasir Madang.

Keywords: Increased of Online Shop, Social Media


Full Text:

PDF

References


Kellner, Douglas. 2010.Budaya Media.yogyakarta:Jalasutra Anggota IKPI

Efraim,Turban, 2004, “Informatin Technology For Management” John Wiley 7 Sons,Inc

Jurnal :

Harisno dan Tri Pujadi, 2009 ” E-Bussiness Dan E-Commerce Sebagai Trend Taktik Baru Perusahaan, Bidang Multimedia”, Pusat Informasi Agribisnis Kementerian Pertanian dan Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara, CommIT, Vol.3. No. 2 Oktober 2009

Fauziah, 2018, ”Penggunaan Online Shop Di Instagram Pada Perilaku Konsumtif Perempuan Di Jakarta” Jurnal Majalah Ilmiah BIJAK 115 Vol. 15, No. 2, September 2018, pp. 115 - 126 P-ISSN 1411-0830 | E-ISSN 2621-749X.

Internet :

http://www.negeripesona.com/2016/08/pengertian-toko-online-dan-contohnya.html




DOI: https://doi.org/10.52447/berdikari.v2i2.4097

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta


Pengunjung