Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Audio Visual di SMAN 9 Balikpapan

Dyah Wahyu Apriani, Andina Prima Putri Prima Putri, Christiano Credidi Septino Khala

Abstract


Media pembelajaran pada era revolusi industri 4.0 saat ini menjadi sangat beragam, salah satunya adalah media pembelajaran audio visual. Media ini dinilai lebih attractive dan disukai oleh siswa dalam proses belajar karena dapat menampilkan materi pembelajaran melalui media baik audio maupun visual. Sekolah – sekolah diharapkan sadar akan perkembangan teknologi yang sebagian besar telah menerapkan pembuatan video pada metode pembelajarannya. Kemampuan pembuatan video oleh siswa sangatlah penting, selain untuk mempermudah proses pembelajaran siswa didalam kelas, pembuatan video sangat penting dijadikan salah satu kompetensi siswa dalam menghadapi era digital yang sangat berkembang dengan pesat. Selain itu membekali siswa dengan kemampuan pembuatan video adalah salah satu upaya untuk meningkatkan daya saing siswa diera digital serta meningkatkan kreatifitas media pembelajaran kepada siswa. Namun masalah yang paling mendasar adalah siswa sangat kesulitan dalam hal mengedit video sampai video selesai dan dapat dipresentasikan dengan baik. Tim pengabdian masyarakat Prodi Teknik Sipil Institut Teknologi Kalimantan bekerja sama dengan SMAN 9 Balikpapan melaksanakan pelatihan pembuatan dan editing video untuk siswa SMAN 9 Balikpapan. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 4 oktober 2019 di Laboratorium Komputer SMAN 9 Balikpapan. Peserta pelatihan sebanyak 28 orang mengikuti pelatihan dengan sangat antusias dan keseleuruhan siswa dapat mengedit video menggunakan aplikasi Shortcut.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Audio Visual, Video Pembelajaran

ABSTRACT

At industrial revolution 4.0, learning medias come on many various ways, one of which is audio-visual learning media. Some students preffer this type of media because it’s considered more attractive in learning process, as in this method the learning materials is delivered through audio and visual approach. It is expected from schools to be aware of techological developments, which include video making in the learning approach. Student’s capability of making video is very important in order to simplify the learning process, not to speak of the student’s competence in order to face the quick-developing digital era. Futhermore, other than increasing the capability of the student, the purpose of the traing is to enhance the student’s competitiveness and creativity. However, the basic problem is that some students are still having troubles in video editing and presenting. As to overcome this problem community service team from Institut Teknologi Kalimantan’s Civil Engineering Department, cooperating with SMAN 9 Balikpapan will organize a Training Class in video making and editing for students. The training was held on October 4, 2019 at the SMAN 9 Balikpapan Computer Laboratory. 28 trainees attended the training with great enthusiasm and the whole student was able to edit videos using the Shortcut application.

Keywords: Learning Media, Audio Visual, Video Learning


Full Text:

PDF

References


Arif, M. Ziaul, Abduh Riski, Dian Anggraeni. (2018). “Pengembangan Kualitas Guru-Guru SMA dan MA Berbasis Pondok Pesantren Kota Jember Melalui Pelatihan Pembuatan Video Tutorial Pembelajaran”. ABDIMAS Vol 22 No.1

Khoirudin. (2016). “Peningkatan Kemampuan Membuat Video Animasi Stop Motion bagi Santri Pondok Pesantren Al Ishlah Tugu Semarang”.




DOI: https://doi.org/10.52447/berdikari.v2i2.4098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta


Pengunjung