Sosialisasi Pemeliharaan Bangunan Rumah Sederhana

Rossana Margaret Kadar, Oryza Lhara Sari, Andina Prima Putri

Abstract


Bangunan rumah sebagai tempat tinggal memerlukan pemeliharaan secara berkala seperti barang yang sering digunakan. Hal tersebut dikarenakan hampir semua bangunan rumah yang selesai di bangun ternyata mengalami kerusakan atau tidak dapat mencapai umur rencana pembangunan karena kurangnya pemilharaan secara berkala. Akibatnya manfaat yang diterima oleh pemilik rumah tidak optimal. Walaupun dapat dinikmati oleh pemilik rumah, akan tetapi jangka waktu pemanfaatanya menjadi terbatas (kurang dari umur yang direncanakan). Salah satu penyebab utama kurangnya pemeliharan berkala terhadap bangunan rumah adalah  belum adanya kesadaran dari masyarakat dan penyuluhan tentang metode bagaimana cara merawat bangunan rumah. Pada tanggal 25 November 2020 telah dilaksanakan sosialisasi pemeliharaan bangunan rumah sederhana melalui Webinar yang diikuti oleh 50 peserta dari berbagai macam latar belakang. Berdasarkan evaluasi dari kegiatan yang telah berlangsung disusun rencana keberlanjutan kegiatan yaitu dengan cara membuat buku saku dan video tutorial.

Kata Kunci : Pemeliharaan Bangunan, Perawatan Bangunan, Rumah Sederhana


Full Text:

PDF

References


Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jendral Cipta Karya (2008). Pedoman dan Pemeliharaan Bangunan Gedung, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (2016). Modul 5 Perencanaan Pemeliharaan dan Perawatan Rusunawa, Jakarta.

Mulyandari, Hestin., Rully, A. (2011). Pemeliharaan Bangunan : Basic Skill Facility Management, CV. Andi Offset, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta


Pengunjung