Penyuluhan Kesehatan : Pentingnya Vaksinasi Lansia Guna Tercapainya Pandemi Yang Terkontrol

Stefanus Lukas

Abstract


Covid-19 atau yang biasa disebut Corona oleh masyarakat, telah ditetapkan sebagai pandemi dunia oleh asosiasi kesehatan dunia (WHO). Virus ini memiliki efek berbahaya ketika menjangkit manusia, dengan menyerang sistem pernapasan manusia secara akut. Sistem atau mekanisme penularan virus ini melalui beberapa jalur seperti dari percikan droplet antar manusia, atau bahkan hingga sentuhan terhadap benda yang terpapar virus Covid-19 lalu setelah menyentuh benda tersebut terhirup lewat hidung. Virus Covid-19 ini sangat rentan untuk menularkan ke masyarakat yang memiliki beberapa gangguan kesehatan (khususnya pernapasan), anak-anak, dan juga sangat rentan terhadap lansia. Kegiatan penyuluhan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan antusiasme para lansia agar supaya mengikuti vaksinasi. Kegiatan penyuluhan memiliki total responden sebanyak 25 orang yang memiliki alamat tinggal yang berbeda-beda, pengambilan data penyuluhan ini dengan memberikan kuisioner kepada para responden yang dijawab ketika sebelum mendapatkan edukasi dan setelah mendapatkan edukasi. Data yang didapatkan, para responden memiliki antusiasme keinginan vaksinasi sebelum edukasi sebesar 60% dan antusiasme setelah mendapatkan edukasi sebesar 88%. 20 responden telah berhasil didaftarkan ke Puskesmas Banjaran Nambo, Kab. Bandung dengan menggunakan format sama seperti pada link Pemerintah Kota Bandung https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSdPEAnVr0aKQmbh0OYvmSrYw0aUT0LdH606m2bjIoJQg8sG9A/viewform. Berdasarkan data tersebut, menunjukkan bahwa edukasi yang diberikan memberikan dampak yang signifikan dalam peningatan antusiasme minat lansia untuk vaksinasi.

Kata kunci: Covid-19, Penyuluhan Kesehatan, Vaksinasi, Lansia


Full Text:

PDF

References


Cigna. (2020). perlu diketahui tentang corona virus, available at https://www.cigna.co.id/health-wellness/yang-perlu-anda-ketahui-tentangcoronavirus

Citrawati, N. Sukraandini, N. Mirayanti, N. et al. 2020. Tingkatkan Pengetahuan dan Kesadaran Masyarakat Dalam Memutus Rantai Penularan Virus Covid-19 di Wilayah Desa Tumbu Karangasem. Journal of Community Engagement in Health.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19. 2021. Situasi virus covid-19 di Indonesia. Diakses dari

https://covid19.go.id/

Reflaldinata, J. 2020. Analisis Upaya Pencegahan Covid-19 pada Masyarakat Kampus. Jurnal Ilmiah Multi Science Kesehatan.

Rothan HA,Byrareddy.2020. The epidemiology and pathogenesis of coronavirus disease (COVID-19) out break.diakses melalui https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/32113704 tanggal akses 15 april 2020.

WHO. (2018). Ageing and health. Geneva 2018;(Cited 2020 3.12); Available from:https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/ageing-and-health

Yanti, B. Priyanto, H. Zulfikar, T. 2020. Sosialisasi Waspada Infeksi Corona Virus pada Lansia di Panti Jompo Rumoh Seujahtra Geunaseh Sayang, Dinas Sosial Aceh. Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Kai, Ying, Ruzheng, Kunyuan. 2020. Clinical features of COVID-19 in elderly patients: A comparison with young and middle-aged patients. diakses melalui https://www.journalofinfection.com/article/S0163-4453(20)30116-X/fulltext tanggal 28 Februari 2021


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta


Pengunjung