Rancang Bangun Mesin Pembuat Es Puter Mekanik Untuk Home Industry di Wilayah Watulimo, Trenggalek Jawa Timur

Didit Sumardiyanto, Sri Endah Susilowati

Abstract


Es puter adalah jenis minuman ringan yang harganya relatif murah sangat di sukai oleh banyak masyarakat, mulai dari anak- anak sampai dewasa, karena memiliki rasa  yang enak, segar, manis dan bertekstur lembut. Usaha ini sangat mudah dilakukan, karena proses pembuatannya cukup sederhana dan bahan bakunya mudah diperoleh. Bahan baku utama es puter adalah batu es, gula pasir, santan kelapa dan penambah rasa lainnya. Usaha es puter adalah usaha rumahan yang dapat dikelola oleh anggota keluarga, mulai dari tahap produksi hingga penjualannya. Alasan mengapa usaha es puter cocok untuk usaha rumahan dikarenakan  pembuatan es puter relatif mudah, modal usaha yang kecil dan banyak lapisan masyarakat yang menyukainya, terutama anak-anak dan remaja. Kegiatan pengabdian ini sasarannya adalah para pelaku home industri es puter yang berada di sekitar wilayah Watulimo Kabupaten Trenggalek. Pada saat ini proses pembuatan es puter di wilayah tersebut masih dilakukan  secara manual.  Proses tersebut tidak efektif, karena melelahkan dan membutuhkan waktu yang lama. Tujuan kegiatan ini adalah  untuk  membantu para pengusaha es puter yang sebelumnya dalam proses pembuatan es puter dilakukan secara manual dialihkan  menjadi tenaga elektrik. Ada beberapa keuntungan proses pembuatan es puter secara elektrik, yaitu dapat menghemat tenaga, mengurangi waktu proses pembuatan,  sekitar 60 menit, dan satu orang bisa menjalankan beberapa mesin sekaligus. 


Full Text:

PDF

References


Suyadi, Sunarto, and Faqihuddin Nur Rachman Jurusan Teknik Mesin. "Rancang Bangun Mesin Pembuat Es Puter Dengan Pengaduk Dan Penggerak Motor Listrik." Rekayasa Mesin 9.2 (2014).

WAHYUDI, C. (2016). RANCANG BANGUN MESIN PEMBUAT ES KRIM (BAGIAN POROS DAN TABUNG) (Doctoral dissertation, Universitas Sebelas Maret).

Harting M. (2016). Chemistry in Your Kitchen. Royal Society of Chemistry (RSC). New York


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta


Pengunjung