Sosialisasi Dan Konseling Penyakit Hipertensi Beserta Komplikasinya Di Desa Jayaraharja, Sukajaya, Bogor

Sogandi Sogandi, Ayu Indah Kurniasari, Rizki Afriandi, Irma Nofianti, Ibnu Zulfiqar Umawaitina, Sari Ning Ayu, Salsa Fadhilla, Lisa Nur Fitriah, Nomi Nosari Malau

Abstract


Hipertensi merupakan salah satu penyakit kardiovaskular yang paling umum dan paling banyak diderita masyarakat. Hipertensi sering disebut juga sebagai silent killer karena gejalanya sering tanpa ada keluhan. Biasanya, penderita tidak menyadari kalau dirinya mengidap hipertensi dan baru diketahui setelah terjadi komplikasi. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah pemberian sosialisasi dan layanan konsultasi dalam pencegahan dan pengendalian hipertensi diantaranya dengan cara meningkatkan promosi kesehatan melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dengan perilaku CERDIK (Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktifitas fisik, Diet sehat dan seimbang, Istirahat yang cukup, dan Kelola stres). Metode yang digunakan oleh tim pengabdian meliputi sosialisasi, pemeriksaan kesehatan, konseling dan pengisian angket. Seluruh kegiatan ini dibantu oleh mahasiswa dan perangkat desa. Hasil yang dicapai pada pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan dampak positif terhadap masyarakat, yaitu pengetahuan tentang kesadaran terhadap penyakit Hipertensi, masyarakat antusias menerima sosialisasi dan pemeriksaan kesehatan yang terlihat berdasarkan data 89% peserta meyatakan sangat tertarik dan antusias dengan kegiatan ini.


Full Text:

PDF

References


Almina, R.T., Zulhaida, L., Syarifah., (2018). Pengaruh Pengetahuan, Sikap Dan Dukungan Keluarga Terhadap Diet Hipertensi Di Desa Hulu Kecamatan Pancur Batu Tahun 2016. Jurnal Kesehatan, 11(1), 9-17.

Depkes RI, (2013). Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Depkes RI, (2018). Hasil Riset Kesehatan Dasar 2018. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Infodatin, (2014). Mencegah dan mengontrol hipertensi agar terhindar dari kerusakan organ jantung, otak dan ginjal. Jakarta: Pusat Data Informasi Kementrian Kesehatan RI.

Saputri, G. A. R., Amelia I.S., (2018). Penyuluhan Hipertensi Pada Lansia Di Posyandu Lansia Kurnia Abadi I Pekon Wonodadi Wilayah Kerja Puskesmas Gadingrejo Pringsewu. Jurnal Pengabdian Farmasi Malahayati. 1(1), 30-34.

Sogandi, Rabima. (2018). Pemberian Pelatihan Isolasi Dna Tanaman Kelapa Sawit Dan Aplikasi Metode Analisis Ssr (Simple Sequence Repeat) Di PT Socfindo, Medan Sumatera Utara. Jurnal Berdikari, 1 (2), 5-11.

World Healt Organization (WHO), (2013). A global brief on Hypetension, Silent killer, global public health crisis. Switzerland: WHO Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta


Pengunjung