Edukasi Kandungan Karbohidrat dan Metode Uji Identifikasinya Pada Buah-buahan di SDN 09 Sunter Agung, Jakarta Utara

Riong Seulina Panjaitan, Sutriningsih Sutriningsih, Purwati Purwati, Zuraida Sagala

Abstract


Asupan karbohidrat merupakan hal yang penting bagi tubuh untuk dapat melakukan metabolisme. Selama ini, sumber karbohidrat hanya dianggap berasal dari makanan pokok seperti beras, kentang, dan lain-lain. Pemahaman akan buah-buahan yang juga merupakan sumber karbohidrat masih sangat terbatas. Oleh karena itu, tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk mengedukasi siswa/i Sekolah Dasar (SD) mengenai fungsi karbohidrat bagi tubuh dan sumber karbohidrat yang berasal dari buah-buahan. Selain itu, tujuan dari kegiatan ini juga untuk mengenalkan kegiatan praktikum di laboratorium biokimia dan menumbuhkan minat siswa/i tentang dunia sains sejak dini. Metode yang digunakan oleh tim pengabdian masyarakat adalah metode penyuluhan dengan bantuan media poster, power point (ppt) dan video. Kegiatan ini juga melibatkan peran serta mahasiswa/i dari Grup B Praktikum Biokimia dan pihak sekolah. Hasil yang dicapai adalah meningkatkan pengetahuan siswa/i akan pentingnya asupan karbohidrat dan sumber karbohidrat yang berasal dari buah-buahan yang terlihat pada hasil kuesioner. Selanjutnya, pengabdian masyarakat ini telah menstimulus minat siswa/i terhadap kegiatan sains berupa praktikum di laboratorium biokimia.

Keywords


Karbohidrat; Buah-buahan; Uji Karbohidrat; Biokimia.

Full Text:

PDF

References


Ainun, Mufid., dan Linda Suyati., (2018). Bioelectricity of Various Carbon Sources on Series Circuit from Microbial Fuel Cell System using Lactobacillus plantarum. Jurnal Kimia Sains dan Aplikasi, 21 (2), 70-74.

F.A, Afandi., Wjaya C.H., Faridah, D.N., dan Suyatma N.E., (2019). Hubungan Antara Kandungan Karbohidrat dan Indeks Glikemik pada Pangan Tinggi Karbohidrat. Jurnal Pangan, 8 (2), 145-160.

Kompas.com. (2018, 02 Maret). Berapa Batas Asupan Karbohidrat Ideal Per Hari?. Diakses pada 15 Januari 2021 dari https://lifestyle.kompas.com/read/2018/03/02/082500920/berapa-batas-asupan-karbohidrat-ideal-per-hari?page=all

Doktersehat.com. (2020, 16 Oktober). 7 Buah Yang Ternyata Banyak Mengandung Karbohidrat. Diakses pada tanggal 15 Januari 2021 dari https://doktersehat.com/buah-tinggi-karbohidrat/




DOI: https://doi.org/10.52447/berdikari.v4i1.4958

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta


Pengunjung