Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat: Sosialisasi dan Pelatihan Soft Skill Pengembangan Kewirausahaan Bagi Kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kota Administrasi Jakarta Utara

Lukiyana Lukiyana, Ajeng Wijayanti

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan bertujuan untuk mengedukasi masyarakat mengenai pengembangan kewirausahaan terutama yang tergabung dalam kelompok organisasi Peserta Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Administrasi Jakarta Utara. Metode kegiatan dilaksanakan melalui Sosialisasi dan Pelatihan Soft Skill yang diikuti sebanyak 50 peserta dan berprofesi sebagai ibu rumah tangga yang memiliki usaha kecil (mikro). Sosialisasi mencakup pemberian materi dasar tentang Akuntansi dan Manajemen Kewirausahaan serta pelatihan praktek pencatatan keuangan menggunakan kertas atau buku kecil (notebook) sebagai media mencatat modal dan menghitung keuntungan yang didapat atas hasil usaha mereka. Hasil sosialisasi dan pelatihan yaitu peserta mulai paham dengan cara mempromosikan atau teknik memasarkan (marketing) hasil usahanya dengan memanfaatkan media sosial sebagai tempat berjualan secara online, cara pengemasan produk (packaging) agar menarik untuk dijual, serta bagi yang memiliki modal yang relatif rendah mereka sudah mengerti caranya untuk menyusun atau melakukan pencatatan dan pehitungan bahan sampai proses jadinya sebuah produk yang layak dijual dan keuntungan yang didapat atas penjualan yang mereka lakukan.
Kata Kunci : Pengembangan kewirausahaan, Sosialisasi dan Pelatihan Soft Skill, Media social, Pencatatan dan pehitungan.

Full Text:

PDF

References


Ari Soeti Yani, Hartanti Nugrahaningsih, Rachmawati Madjid.2018. Program Pengabdian Kepada Masyarakat: Pemanfaatan Limbah Sampah Untuk Meningkatkan Pendapatan Rumah Tangga Kampung Cilongok Desa Kiarasari Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor Jawa.

Rodiah S., Lusiana E. dan Agustine M.2016. Pemberdayaan Kader PKK Dalam Usaha Penyebarluasan Informasi Kesehatan Jatinangor.

Dahniar, Eulis. 2014. Peran Penting Pemberdayaan Perempuan (PKK) Dalam Upaya Mengatasi Masalah Kesehatan di Masyarakat. Disampaikan pada Kegiatan PKM Penguatan Partisipasi Kader PKK dalam Penyebarluasan Informasi Kesehatan. Kecamatan Tarogong Kaler Garut.




DOI: https://doi.org/10.52447/berdikari.v4i1.4959

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta


Pengunjung