Program Pengabdian Kepada Masyarakat: Strategi Digital Marketing Produk Sepatu Melalui Bisnis Online Untuk Meningkatkan Pengetahuan Dan Omzet Sepatu Di Kelurahan Utan Panjang Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat

Ari Soeti Yani, Fauziah Fauziah, Netty Laura

Abstract


Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan omzet pengrajin sepatu di Kelurahan Utan Panjang Kecamatan Kemayoran khususnya bagi UMKM Sepatu, dengan operasedur dari cara mengakses,memanfaatkan Bisnis online melalui Teknologi Komunikasi untuk memberikan pemahaman, pengetahuan dan berbisnis secara online. Selain itu UMKM Sepatu yang ada di Kelurahan Utan Panjang pengerjaannya masih secara tradisional dan masih banyak mengerjakan merk lain. Media online yang biasa banyak digunakan seperti instagram, facebook, twitter. Sehingga UMKM dapat menambahkan nilai dari keilmuan dan praktek. Metode yang digunakan yaitu pelatihan berupa uji coba berperan sebagai pelaku UMKM sepatu dapat lebih memahami teknologi tersebut secara positif dan tepat guna. Pelaksanaan kegiatan pelatihan perkembangan bisnis online di lakukan melalui media sosial dengan tujuan meningkatkan pengetahuan pengrajin sepatu dengan cara bisa mengikuti workshop yang diadakan baik pemerintah maupun swasta, abdimas yang dilakukan oleh dosen dengan baik dan lancar. Hal tersebut dibuktikan oleh para pengrajin sepatu untuk mengikuti acara pelatihan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan peserta pelatihan. Selain memberikan arahan, bagaimana memanfaatkan bisnis virtual serta bagaimana menggunakan akun media sosial dalam berbelanja online secara bijak serta memanfaatkan bisnis online tersebut untuk menambah pendapatan para UMKM sepatu pada Kelurahan Utan Panjang.

Keywords


Strategi Digital Marketing; Bisnis online.

Full Text:

PDF

References


Effendy, Onong, Uchjana, 2007,Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek, PT. Remaja

Rosdakarya.

Heizer, Jay dan Barry, Render, 2015 Manajemen Operasi,Edisi 11, Penerbit Salemba Empat

Koler, Philip dan Keleer, Kevin Lane, 2009, Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 2,PT. Indeks.

Fauziah, 2018, ”Penggunaan Online Shop Di Instagram Pada Perilaku Konsumtif Perempuan Di Jakarta” (Jurnal Majalah Ilmiah BIJAK) 115 Vol. 15, No. 2, September 2018, pp. 115 - 126 P-ISSN 1411-0830 | E-ISSN 2621-749X.

Yani, Ari Soeti,2016, “Analisis Persediaan Bahan Baku Kalep Dengan Metode

Economic Order Quantity Dalam Mendukung Kelancaran Usaha Pada Industri Kecil Sepatu Di Wilayah Kemayoran Jakarta Pusat” , (Jurnal Media

Studi Ekonomi), Vol. 19, No.1




DOI: https://doi.org/10.52447/berdikari.v4i1.4961

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta


Pengunjung