Siaga Penanganan Awal Mengenal Faktor Penyebab Gagal Jantung

Diana Laila Ramatillah, Faisal Faisal, Desmarini I S, Hanna P S, Maha A P, Melisa Ayu Saputri

Abstract


Pandemic Covid 19 menyebabkan kegiatan pengabdian masyarakat yang rutin diadakan oleh prodi farmasi harus dilakukan secara daring. Pengabdian masyarakat yang dilakukan dalam bentuk webinar ini bertujuan agar masyarakat dapat memahami terkait penyebab dari gagal jantung dan pertolongan pertama yang dapat dilakukan dirumah saat orang terdekat mengalami serangan jantung. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan dengan memanfaatkan tekhnologi digital, yaitu zoom dengan total peserta 65 orang. Abdimas dilaksanakan pada tanggal 16 November 2021 jam 09.00 wib sampai 10.00 wib. Metode penelitian yang digunakan yakni berupa pre test dan postest yang di isi oleh peserta webinar melalui google form. Hasil dari webinar ini yaitu peserta webinar telah mampu memahami materi yang disampaikan terkait penyebab gagal jantung dan cara awal mengatasi serangan jantung. Kesimpulan dari webinar ini adalah webinar telah berjalan lancar dan berhasil menciptakan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya mengetahui penyebab gagal jantung dan upaya yang dapat dilakukan untuk pencegahan dan penanganan awal.

Keywords


Penanganan Awal; Faktor Penyebab; Gagal Ginjal

Full Text:

PDF

References


Kemenkes Ri. 2013. Riset Kesehatan Dasar; RISKESDAS. Jakarta: Balitbang Kemenkes RI

Nurkhalis and Adista, R. J. (2020). Manifestasi Klinis dan Tatalaksana Gagal Jantung., Jurnal Kedokteran Nanggroe Medika, 3(3), pp. 36–46.

Widyansari, F. (2014). Patomekanisme Penyakit Gagal Jantung Kongestif, Modal Sosial Dalam Pendidikan Berkualitas Di Sekolah Dasar Muhammadiyyah

Muitihan, 4(September), pp. 81–90

Yunita, A., Nurcahyati, S. and Utami, S. (2020). Gambaran Tingkat Pengetahuan Pasien Tentang Pencegahan Komplikasi Congestive Heart Failure (Chf). Jurnal Ners Indonesia, 11(1), p. 98.




DOI: https://doi.org/10.52447/berdikari.v5i2.5691

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta


Pengunjung