PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT BAGI KELOMPOK PETANI PASCA GEMPA DESA BENJOT KECAMATAN CUGENANG CIANJUR

Choirul Mufit, Rajes Khana, Panji Wijonarko, Purwati Purwati, Danang Trijayanto

Abstract


Program pengabdian ini tentang pemberdayaan ekonomi masyarakat pasca gempa, yang di landasi oleh pemikiran bahwa masyarakat yang terkena bencana gempa perlu segera didampingi dan dipersiapkan untuk dapat menerima keadaan, bangkit kembali dan menata kehidupan secara mandiri. Berbasis potensi lokal, masyarakat perlu didorong partisipasi dan kemandiriannya untuk memperbaiki kualitas kehidupan mereka. Pengabdian ini menyoroti kegiatan sektor pertanian yang mempunyai program berupa pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan memberikan bantuan berupa alat pertanian dan melakukan pengembangan sistem informasi melalui aplikasi digital sebagai sarana untuk percepatan pemulihan perekonomian masyarakat Desa Benjot, Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat. Program pengabdian ini memuat tahapan-tahapan antara lain tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Hasil pengabdian yang berdampak bagi petani yaitu beberapa bantuan yang telah diberikan dapat membantu dalam pendistribusian hasil panen dan penggunaan aplikasi digital serta teknologi dapat membantu dalam pencarian informasi harga dan memasarkan hasil panen pertanian sehingga dapat meningkatkan omset penjualan.


Keywords


Pemberdayaan Masyarakat; Pemberdayaan Ekonomi; Pasca Gempa

Full Text:

PDF

References


Botero Diana Gonzales, Salinas Adria Bertran. 2013. Assesing Farmer’s Vulnerability to Climate Change: a Case Study in Karnataka, India. Barcelona. Universitat Autonama de Barcelona

Brandenberg Scott J, Lee Hyunok, Summer Daniel A. 2014. Earthquake and California. CSSC Publication Number 2014-05

Hastuti, K.P., Alviawati, E., Setiawan, F. A., Rahman, A. M., Muhaimin, M. 2022. Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Potensi Lokal untuk Meningkatkan Ketangguhan Masyarakat di Daerah Rawan Banjir. Jurnal Pengabdian Inovasi Lahan Basah Unggul. Vol. 1, No. 3 Maret 2022, Hal. 55-63 DOI: https://doi.org/10.20527/ilung.v1i3

Satria, D. (2011). Strategi Pengembangan Industri Kreatif untuk Meningkatkan Daya Saing Pelaku Ekonomi Lokal. Jurnal Aplikasi Manajemen, 9(1), 301–308.

Syadzali, M. M. (2020). Model Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Ekonomi Lokal (Studi pada UKM Pembuat Kopi Muria). Syntax, 2(5).

Yusuf, Zuhriana. (2019). Peningkatan Pengetahuan Mitigasi Bencana Gempa Bumi di MTS AL-Ishlah Kota Gorontalo. Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Olahraga Dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo.

Website

https://www.bmkg.go.id/berita/?p=42632〈=ID&tag=cianjur




DOI: https://doi.org/10.52447/berdikari.v6i1.6593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta


Pengunjung