PERENCANAAN STRATEGIS DAN KEBIJAKAN PENGELOLAAN DANA DESA STUDI KASUS DESA WUKIRSARI, IMOGIRI, BANTUL, DIY

Syarif Hidayat, Danang Nurhidayatullah, Herlina Muzanah Zain

Abstract


Bergulirnya alokasi dana desa dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) memberikan angin segar terhadap desa di Indonesia. Tujuan pemberian dana desa ini diprioritaskan untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan  berskala lokal desa bidang pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa. Dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat sebagai salah satu amanat dari Undang-Undang Desa, dibutuhkan kebijakan yang mendukung proses pembangunan masyarakat. Adanya dana desa memiliki peran penting dalam penyusunan kebijakan dari pemerintah desa untuk membangun kesejahteraan masyarakat, dengan pemanfaatan dan pengelolaan yang efektif dan efisien. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses perencanaan pengelolaan kebijakan dana desa, strategi kebijakan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui dana desa, dan dampak dari pengelolaan dana desa dalam membangun kesejahteraan masyarakat di Desa Wukirsari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berbasis studi lapangan. Informan pada penelitian ini adalah pemerintah desa, BPD, dan masyarakat. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis perencanaan dan kebijakan ini difokuskan pada pengelolaan dana desa. Hasil dari penelitan ini menunjukkan bahwa pengelolaan kebijakan dana desa di Desa Wukirsari telah sesuai dengan regulasi yaitu Permendagri Nomor 114 tahun 2014 tentang pedoman pembangunan desa, mulai dari proses perencanaan kebijakan, pelaksanaan, penatausahaan, pengawasan, dan pertanggungjawaban. Dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui dana desa, pemerintah desa membuat perencanaan kebijakan melalui program-program yang dituangkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa setiap tahunnya. Perencanaan kebijakan ini berpedoman pada regulasi dalam Permendes PDTT yang mengatur tentang prioritas penggunaan dana desa. Sedangkan dampak kesejahteraan dari pengelolaan dana desa ini telah dirasakan oleh masyarakat, seperti pembangunan infrastruktur, dukungan produk unggulan desa, serta penguatan ekonomi masyarakat miskin.


Keywords


Perencanaan Strategis, Dana Desa, Kebijakan, Kesejahteraan Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kabupaten Bantul. 2021. “Kecamatan Imogiri Dalam Angka 2021,” 68–70.

Badrudin. 2014. Dasar-Dasar Manajemen: Pengertian Evaluasi, Fungsi dan Tujuan Evaluasi, dan Model Evaluasi. Bandung: Alfabeta.

Bryson, John M. 2000. Perencanaan Strategis Bagi Organisasi Sosial. Diedit oleh M. Miftahudin. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chabib Sholeh, Heru Rochansjah. 2015. Pengelolaan Keuangan Desa. Bandung: Fokus Media.

Dita Angga Rusiana. n.d. “BUMDes Motor Penggerak Desa.” http://ekbis.sindonews.com/read1174581/34/bumdes-motor-penggerak-ekonomi-desa-148544060.

H.D, Sudjana. 1992. Manajemen Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: Nusantara Press.

Hulu, Yamulia, R Hamdani Harahap, dan Muhammad Arif Nasutian. 2018. “Pengelolaan Dana Desa dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa.” Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial 10 (1): 146. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.9974.

Indonesia, Pemerintah. 2014. “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2014 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.” 2014. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/5482/pp-no-43-tahun-2014.

Maharini, Berlian Putri. 2019. “Analisis Perencanaan Pengelolaan Dana Desa (Studi Pada Dana Desa Tahun 2018 Di Desa Banguntapan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul).” Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana 5 (2): 132. https://doi.org/10.26486/jramb.v5i2.1150.

Wijaya, H.A.W. 2003. Otonomi Desa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright Pusat Penelitian Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta


Pengunjung