PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK KAOS PADA PERUSAHAAN KREATIF (Quality Control of t-shirt Products on Creative Company)

Mohammad Daniar Yusuf, Djoko Poernomo, Sugeng Iswono

Abstract


Tujuan penelitian ini menjelaskan pengendalian kualitas produk kreatif “kaos” yang dihasilkan oleh perusahaan perseorangan (CV) “Biru Daun”.  Masalah penelitian ialah target produksi tidak tercapai disebabkan adanya produk rusak. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan strategi pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian di Kabupaten Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam. Informan penelitian adalah pemilik perusahaan dan kepala bagian produksi. Analisis data memakai analisis domain dan taksonomi. Temuan penelitian menunjukkan perusahaan telah berupaya melakukan pengendalian kualitas pada tahap input, transformasi, dan output sesuai dengan standard yang telah ditetapkan namun masih terdapat beberapa implementasi yang belum optimal sehingga mengakibatkan terjadinya produk rusak.

Kata kunci: Pengendalian Kualitas, Ekonomi Kreatif, Kaos


Keywords


Pengendalian Kualitas, Ekonomi Kreatif, Kaos

References


Arganata, Bayu. 2016. Biru Daun, Kaos Nuansa Jember. https://lokalkarya.com/biru-daun-kaos-nuansa-jember.html (Diakses pada 8 Januari 2018).

Bappeda Jatim. 2016. UMKM Tetap Kunci Pertumbuhan Perekonomian Jatim. http://bappeda.jatimprov.go.id/2016/08/13/umkm-tetap-jadi-kunci-pertumbuhan-perekonomian-jawa-timur/ (Diakses pada 4 April 2017).

Creswell, John W., 2010, Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches, Third Edition, Sage Publication, terjemahan, Penerbit Pustaka Pelajar, Jogyakarta.

Dini. 2011. Cakcuk, Kaos Kata-kata Suroboyoan. https://nasional.kompas.com/read/2011/10/28/10340438/CakCuk.Kaos.Kata.kata.Suroboyoan (Diakses pada 8 Januari 2018).

Faisal, Sanapiah., 1990, Metodologi Kualitatif, Penerbit YA3, Malang

Karyoto. 2016. Dasar-Dasar Manajemen: Teori, Definisi dan Konsep (Edisi 1). Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian. 2016. Rencana Strategis 2015-2019 Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan, Dan Daya Saing Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah (Blueprint). Jakarta: Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan, Dan Daya Saing Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah.

Lokadata. 2017. Jumlah Penduduk Indonesia Dan Pertumbuhannya 2007 - 2016. https://lokadata.beritagar.id/chart/preview/jumlah-penduduk-indonesia-dan-pertumbuhannya-2007-2016-1499396486 (Diakses pada 4 April 2017).

Marinova, L., & Borza A., 2015, The Creative Economy, The Creative Industries and New Perspectives For Creative Cities, Managerial Challenges of the Contemporary Society, Vol 7, No 2.

Moleong, L.J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi (Cetakan Ketigapuluhlima). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution, M.N. 2005. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management) Edisi Kedua. Bogor Selatan: Penerbit Ghalia Indonesia.

Prihantoro, R.C. 2012. Konsep Pengendalian Mutu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rachmawati, Ira. 2016. Osing Deles, Destinasi Wisata Oleh-oleh Baru Di Banyuwangi. https://travel.kompas.com/read/2016/01/01/092800827/Osing.Deles.Destinasi.Wisata.Oleh-oleh.Baru.di.Banyuwangi (Diakses pada 8 Januari 2018).

Rachmaningtyas, Suci. 2016. Blam Tees Kenalkan Banyuwangi Lewat Media Kaos. https://banyuwangi.merdeka.com/lapak/blam-tees-kenalkan-banyuwangi-lewat-media-kaos-160530r.html (Diakses pada 8 Januari 2018).

Rutmawati, Siti. 2016. Berkunjung Ke 5 Lokasi Pusat Oleh-oleh Khas Malang. https://malang.merdeka.com/pariwisata/berkunjung-ke-5-lokasi-pusat-oleh-oleh-khas-malang-160625o.html (Diakses pada 8 Januari 2018).

Satori, D. dan Aan Komariah. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif (Cetakan Ke-6). Bandung: Penerbit Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.