Pengaruh Ukuran Perusahaan, Tingkat Leverage, dan Profitabilitas Terhadap Audit Delay Dengan Kualitas Audit Sebagai Variabel Moderating ( Studi Empiris Pada Perusahaan Perdagangan Yang Ada Di BEI Periode 2010-2012 )

Haryani Haryani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh Ukuran Perusahaan, Tingkat Leverage, dan Profitabilitas baik secara bersama-sama maupun secara sendiri-sendiri terhadap Audit Delay dengan Kualitas Audit sebagai variabel moderating, pada perusahaan perdagangan yang ada di BEI periode 2010-2012. Unit analisis dalam penelitian ini adalah perusahaan perdagangan yang terdaftar di BEI periode 2010-2012 dengan menggunakan purposive sampling sebanyak 21 perusahaan. Regresi logistik digunakan sebagai tehnik analisis data dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa Ukuran Perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Audit Delay, Tingkat Leverage berpengaruh signifikan terhadap Audit Delay, dan Profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap Audit Delay.


Keywords


Ukuran Perusahaan, Tingkat Leverage, Profitabilitas, Audit Delay, Kualitas Audit

Full Text:

PDF

References


Baridwan, Zaki, 2004. Intermediate Accounting. Yogyakarta:BPFE Yogyakarta.

Carslaw, C. A. P. N., and S.E. Kaplan, 1991. An Examination of Audit Delay : Further Evidence from New Zealand, Accounting and Bussines Research (Winter), p.21-32.

Craven dan Marston, 1999. Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Jenis Industri terhadap Praktik Internet Financial Reporting Perusahaan di Inggris.

Curtis, T.E., dan Bidwell, W.W. 1976. Curriculum and Instruction for Emerging Adolencent. New York: The Macmillan Company.

Daito, Apollo, 2011. Pencarian Ilmu Melalui Pendekatan Ontologi, epistimologi, aksiologi. Jakarta:Mitra Wacana Media.

Febrianty 2011. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap Audit Delay pada Perusahaan Sektor Perdagangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2007-2009.

Frucot, V dan Shearon, W.T. 1991. “Budgetary Participation, Locus of Control, and Mexican Managerial Performance and Job Satisfaction”. The Accounting Review. Vol 66. No 1, Januari.

Ghozali, Imam, 2013. Aplikasi Analisis Multivariate SPSS 21. Semarang: BP Undip.

Givoly, D., and D. Palmon. 1982. “Timeliness of Annual Earning Announcement : Some Empirical Evidence”. The Accounting Review. 57 July, Pp. 486-508.

Halim, Abdul, 2000. Auditing 1 Dasar-dasar Audit Laporan Keuangan, Unit Penerbit dan Percetakan AMP YKPN.

Haron, et al., 2006. Analysis of factors influencing audit Delay (Empirical study at public companies in Indonesia).

Hossain, M.A dan P.J.Taylor, 1998. ”An Examination of Audit Delay : Evidence from Pakistan, Working Paper, Unpublihsed.

Jensen, Michael C., William H. Meckling, 1976. Theory of The Firm: Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structure. The Journal of Financial Economics.

Na’im, Ainun 1988. Akuntansi Keuangan 1. Yogyakarta: BPFE.

Respati, 2004. Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan: Studi Empiris di Bursa Efek Jakarta. Umm.ac.id

Rolinda, Supriyati Yuliastri. 2007. Analisis Faktor-faktor yang Mempngaruhi Audit Delay (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur dan Finansial di Indonesia). Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi. Vol. 10 No. 3, hal 109-126.

Sari, Hesti Candra, 2011. Analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap jangka waktu penyelesaian audit. Semarang: Universitas Di Ponegoro.

Subekti dan Widiyanti, 2004. Faktor-fakror yang Berpengaruh terhadap Audit Report. Jurnal Bisnis dan Akuntansi 2010.

Supardi, 2005. Metode Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: UII Press.

Ukago, Kristianus, 2006, “Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan: Bukti Empiris Emiten di Bursa Efek Jakarta”, Jurnal Maksi, Vol.5, pp.13-33

Utami, Wiwik, 2006. “Analisis Determinan Audit Delay Kajian Empiris di Bursa Efek Jakarta”. Bulletin Penelitian No.09. Ka. Pusat Penelitian dan Dosen FE, Universitas Mercu Buana.

Wirakusuma, Made Gedhe, 2004. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Rentang Waktu Penyajian Laporan Keuangan ke Publik (Studi Empiris Mengenai Keadaan Divisi Internal Audit pada Perusahaan-Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta”, SNA VII Denpasar Bali.

Yugo, Trianto. 2006. Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Audit Delay (Studi Empiris pada Perusahaan-perusahaan Go Public di Bursa Efek Indonesia). Skripsi, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.

Yuliyanti, Ani 2011. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap Audit Delay pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2008. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Yuliana, and Aloysia Yanti, Ardianti, 2004. Faktor-faktor yang mempengaruhi Audit Delay di Indonesia. Modus, Vol 16 (2): 135-146.

Yusuf, Abdullah 1996. "An Analysis of Lexical Relations”. Tiga Serangkai.

www.idx.co.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.