STRATEGI BRAND AMBASSADOR ONLINE SHOP “SHOPPEE” DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN

Fauziah Yanis

Abstract


Shopee  merupakan  bagian dari e-business  dan  e-commerce  yang  saat  ini sedang naik daun, ini dikarenakan pemanfaatan teknologi sistem informasi yang baik dan mengikuti zaman sehingga mampu bersaing dalam dunia bisnis. Shopee melancarkan strategi dalam merebut pasar selain dengan memberikan tawaran yang menarik bagi pengguna agar dapat berbelanja online di platformnya juga strategi menggunakan brand ambassador sebagai daya tarik pembeli dalam meningkatkan penjualan. Brand ambassador atau corporate ambassador adalah orang yang disewa oleh suatu organisasi atau perusahaan untuk mewakili suatu merek secara positif dan dengan demikian membantu meningkatkan kesadaran dan penjualan merek. Tulisan ini bertujuan untuk meneliti strategi brand ambassador yang dipergunakan online shop Shopee dalam meningkatkan penjualan. Metode yang dipergunakan adalah kualitatif. Hasil dan pembahasan dalam penelitian adalah Strategi penggunaan brand ambassador yang dilakukan online shop Shopee dalam meningkatkan penjualan dapat ditunjukan dengan kenaikan volume penjualan dari tahun ke tahun. Jumlah pengunjung Shopee juga menjadi ukuran meningkatnya jumlah penjualan, dimana selama dua kuartal pertama tahun 2020 ini. Shopee Indonesia mencatatkan pertumbuhan jumlah transaksi yang signifikan sepanjang kuartal II pada tahun 2020 dibandingkan dengan tahun lalu yaitu mendapatkan sebanyak 71,5 juta kunjungan selama kuartal I-2020. Dan telah terjadi jumlah transaksi lebih dari 260 juta transaksi selama kuartal II-2020. Jika dirata-rata dalam sehari, Shopee mencatatkan lebih dari 2,8 juta transaksi, meningkat lebih dari 130% dari periode sama tahun lalu. Secara signifikan peningkatan penjualan disebabkan strategi Shoppee dalam menggunakan brand ambassador.


Keywords


Brand Ambassador, Online Shop, Penjualan

Full Text:

PDF

References


Buku :

M. Nafarin, 2009, “Penganggaran Perusahaan” Jakarta: Salemba Empat

Basu Swastha dan Irawan, (2005), Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta

Assauri, Sofjan, 2011, “Manajemen Pemasaran” edisi pertama, Jakarta: Rajawali Pers.

Tjiptono,Fandi, 2008, “Pemasaran strategi”,Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta.

Akbar.Ali S.T. 2005,”Menguasai Internet Plus Pembuatan Web.” Bandung: M2S.

Santana K,Septiawan, 2005, “Jurnalime Kontemporer”, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. Iskandar, 2009, “Metodologi Penelitian Kualitatif”, Jakarta: Gaung Persada.

Yusiana, Rennyta dan Maulida, Rifaatul, 2015,”Pengaruh Gita Gutawa Sebagai Brand Ambassador Pond’s Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Mahasiswi Universitas Telkom Jurusan D3 Manajemen Pemasaran.”

Royan, Frans M. 2004. “Marketing Selebrities”. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sumarwan, Ujang. 2003 “Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran”, Cetakan Pertama, Jakarta: Ghalia Indonesia

Assumpta Rumanti, Sr Maria. 2002, “Dasar-dasar Public Relationss : Teori dan praktik”. Jakarta : PT. Grasindo

Elissa, Ingge dan Mujiyana. 2013.”Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Via Internet pada Toko Online”. Jurnal Ekonomi Manajemen. Universitas Diponegoro, Semarang.

M.Nafarin.2009, “Penganggaran Perusahaan”, Penerbit Salemba 4 ; Jakarta

Assauri,Sofjan. 201, “Manajemen Pemasaran”. Jakarta: Rajawali Pers

Pakpahan, Efendi, 2009, “Volume Penjualan”, Jakarta: PT. Bina Intitama Sejahtera.

Moleong, Lexy, 2002, “Metodologi Penelitian Kualitatif”, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Jurnal :

Komang Ayu Novita Sari, 2015, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 4, n. 10, oct. 2015

Internet :

https://www.researchgate.net/publication/335564479_SISTEM_INFORMASI_MANAJEMEN_PADA_PERUSAHAN_E-COMMERCE_SHOPEE

https://katadata.co.id/febrinaiskana/digital/5ee498aa1f4cf/strategi-e-commerce-merebut-pasar-belanja-online-saat-normal-baru

https://projasaweb.com/brand-ambassador/

https://money.kompas.com/read/2020/11/06/130400026/ini-alasan-shopee-memilih-stray-kids-jadi-brand-ambassadornya

https://www.techinasia.com/shopee-sales-surge-helps-sea-hit-record-revenue

https://swa.co.id/swa/trends/technology/transaksi-shopee-di-indonesia-terbesar-di-asean

https://m2insights.com/covid-19-and-southeast-asian-e-commerce

https://www.wartaekonomi.co.id/read133235/inilah-perusahaan-peraih-netizen-brand-choice-award-2017.html

https://www.youtube.com/watch?feature=youtu.be&v=TN3PYYJzLZ4

https://www.nesabamedia.com/pengertian-online-shop/


Refbacks