ANALISIS PERBANDINGAN ECOCNOMIC VALUE ADDED (EVA) DAN RETURN ON INVESTMENT (ROI) DALAM MENILAI KINERJA KEUANGAN SUB SEKTOR FARMASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Redaktur Wau, Achmad Syarifuddin, Rudi Herwanto

Abstract


Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menganalisis perbandingan economic value added (EVA) dan return on investment (ROI) dalam menilai kinerja keuangan sub sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode komparatif dengan pendekatan kuantitatif, yaitu penelitian yang menekankan pada analisis data-data angka. Data diperoleh dari laporan keuangan yang telah dipublikasi di Bursa Efek Indonesia. Periode pengamatan dari tahun 2011-2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja keuangan sub sektor farmasi jika diukur dengan analisis economic value added (EVA) menunjukkan bahwa PT. Kalbe Farma, Tbk merupakan perusahaan yang memiliki kemampuan menciptakan nilai ekonomi terbaik. Jika diukur dengan analisis return on investment (ROI) menunjukkan bahwa PT. Merck, Tbk sebagai perusahaan dengan tingkat perputaran investasi terbaik. Hasil analisis keseluruhan menunjukkan bahwa economic value added (EVA) lebih tepat digunakan dibandingkan dengan return on investment (ROI) dalam menilai kinerja perusahaan

Keywords


EVA, ROI, Kinerja Keuangan

Full Text:

PDF

References


Amin Widjaja Tunggal. (2008). Pengantar Konsep Nilai Tambah Ekonomi (EVA) dan Value Based Management (VBM). Jakarta: Harvarindo.

Brealey, Myers, dan Marcus. (2008). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Perusahaan, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Fahmi, Irham. (2013). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Hanafi, Mamduh (2012). Manajemen Keuangan.Yogyakarta: BPFE. Jumingan (2011). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Bumi Aksara. Munawir, S (2010). Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Kelima Belas. Yogyakarta: Liberty.

Rudianto. (2013). Akuntansi Manajemen ”Informasi Untuk Pengambilan Keputusan Strategis”. Jakarta: Erlangga. Sucipto (2013). Penilaian Kinerja Keuangan. Jakarta: Cv. Indeks. Sugiyono (2012). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

D. Agus Harjito dan Rangga Aryayoga. (2009). Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan dan Return Saham di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi 2009, hal. 13 21 Volume 7, Nomor 1 ISSN 1693-4296. Hartono Sunardi. (2010). Pengaruh Penilaian Kinerja dengan ROI dan EVA terhadap Return Saham pada Perusahaan yang Tergabung dalam Indeks LQ 45 di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Vol.2 No.1 Mei 2010: 70-92.

Mehdi Arab Salehi dan Iman Mahmoodi (2011). EVA or Traditional Accounting Measures; Empirical Evidence from Iran. Journal Economic and Financial Internasional ISSN 1450-2887 Vol 65.

Mohammad Fawzi Shubita. (2010). The Relationship between EVA and Stock Returns. Jurnal Keuangan dan Ekonomi Internasional ISSN 1450-2887 Vol. 59.

Bursa Efek Indonesia. Laporan Keuangan. Diakses pada tanggal 20 Maret 2017 dari www.idx.co.id.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.