PENGARUH SIKAP DAN KESADARAN NASABAH TERHADAP KEPATUHAN NASABAH DALAM MEMBAYAR ANGSURAN MELALUI KINERJA PENAGIHAN SEBAGAI INTERVENING

Radit Maulana Risman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan sikap dan kesadaran nasabah terhadap kepatuhan nasabah dalam membayar angsuran melalui kinerja penagihan sebagai variabel intervening di PT. Mitsui Leasing Capital Indonesia Wilayah Jakarta. Unit analisis dalam penelitian ini adalah nasabah yang menunggak angsuran di PT. Mitsui Leasing Capital Indonesia Wilayah Jakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah yang menunggak dengan jumlah 95 sampel dari 1863 populasi. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan proporsional random sampling, yaitu teknik pengambilan proporsi untuk memperoleh sampel yang representatif, pengambilan subjek dari setiap strata atau wilayah. Instrument analisis statistik melalui PLS.3 yang digunakan untuk menguji hipotesis. Uji hipotesis dilihat dari t statistik yang dihasilkan oleh path coefficients. Hasil penelitian ini yakni sikap berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja penagihan, kesadaran nasabah berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja penagihan, sikap berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kepatuhan nasabah, kesadaran nasabah berpengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan nasabah, kinerja penagihan berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kepatuhan nasabah, sikap berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kepatuhan nasabah melalui kinerja penagihan, kesadaran nasabah berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kepatuhan nasabah melalui kinerja penagihan di PT. Mitsui Leasing Capital Indonesia Wilayah Jakarta.

 


Keywords


Kepatuhan Nasabah, Kinerja Penagihan, Sikap dan Kesadaran Nasabah

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. 2007. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Alvin, Aloysius. 2014. Pengaruh Sikap, Norma Subyektif, dan Kontrol Perilaku yang Dipersepsikan Staff Pajak Terhadap Kepatuhan Pajak Wajib Pajak Badan. Tax and Accounting Review, Vol.4, No.1, 2014

Arisandy, Nelsy. 2017. Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Kegiatan Bisnis Online di Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis .Vol. 14, No.1, 1 Maret 2017: 62-71. EISSN 2442 – 9813, ISSN 1829 – 9822. Universitas Islam Negeri Sutan Syarif Kasim Riau.

Arum, Harjanti Puspa. 2012. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus, dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Kegiatan Usaha dan Pekerjaan Bebas. Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro Semarang.

Boediharjo. 2002. Kinerja Organisasi.. Jakarta: Erlangga.

Foster, Bill dan Seeker, Karen R. 2001. Pembinaan Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan, Penerjemah: Ramlan, PPM, Jakarta.

Gunadi. 2013. Panduan Komprehensif Pajak Penghasilan. Edisi 2013. Jakarta: Penerbit Bee Media Indonesia.

Jatmiko, Agus Nugroho. 2006. Pengaruh Sikap Wajib Pajak pada Pelaksanaan Sanksi denda, Pelayanan Fiskus, dan Kesadaran Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Studi Empiris Terhadap Wajib Pajak Orang Pribadi Kota Semarang. Universitas Diponegoro: Tesis Magister Akuntansi.

Kotler, Amstrong, dan Gary. 1995. Dasar – Dasar Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi Melenium. Jakarta: Prehallindo.

Mensah., Okyere., and Kuranchie 2013. Student Attitude Toward Mathematics and Performance: Does the Teacher Attitude Mater?. Journal of Education and Practice. Vol. 4, No. 3, 2013. ISSN 2222-288X. Faculty of Education, Catholic University College of Education, Fiapre- Sunyani.

Menteri Keuangan Republik Indonesia, 2006, Peraturan Menteri Keuangan nomor. 84/PMK.012./2006 Tentang Perusahaan Pembiayaan. Jakarta: Kementerian Keuangan.

Muliari, Ni Ketut dan Setiawan, Putu Ery. 2009. Pengaruh Persepsi Tentang Sanksi Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Prata Denpasar Timur.

Nawawi, Hadari dan Hadari, Martini. 2004. Kepemimpinan Yang Efektif. Yogyakarta: Gadjah Mada University.

Rahayu, 2016. Inilah Perusahaan Peraih Indonesia Multifinance Consumer Choice Award 2016. https://swa.co.id/swa/trends/business-research/inilah-perusahaan-peraih-indonesia-multifinance-consumer-choice-award-2016, diakses pada hari minggu 4 Juni 2017 Pukul 09.30 WIB.

Rahayu, Siti Kurnia. 2010. Perpajakan Indonesia: Konsep dan Aspek Formal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rahman, Abdul. 2010. Panduan Pelaksanaan Administrasi Perpajakan untuk Karyawan, Pelaku Bisnis, dan Perusahaan. Bandung: Nuansa.

Republik Indonesia. 1983. Undang-Undang No.6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan. Lembaran Negara RI Tahun 1983. Sekretariat Negara. Jakarta.

Ritonga, Pandapotan. 2011. Analisis Pengaruh Kesadaran dan Kepatuhan Wajib Pajak Terhadap Kinerja Kantor Pelayanan Pajak (KPP) dengan Pelayanan Wajib Pajak Sebagai Variabel Intervening di KPP Medan Timur. Universitas Islam Sumatera Utara, Medan.

Robbins, Stephen P. 2001. Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi, Aplikasi. Jakarta: Prehallindo.

Rukmana, Dian Ayu. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpajakan, Kinerja Lembaga Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak KPP Pratama Tanjungpinang. Jurnal Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Mfaritim Raja Ali Haji Tanjungpinang.

Saputra, Lian Ade,. Ekawati, Rika Kharlina., dan Fajriana, Icha. 2014. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Reklame di Dinas Pendapatan Daerah Kota Palembang. Jurusan Akuntansi. STIE Multi Data Palembang.

Sarwono, Jonathan dan Narimawati, Umi. Membuat Skripsi, Tesis, dan Disertasi Partial Least Square SEM (PLS-SEM).Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Simanjuntak, Payaman J. 2005. Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Siswanto, Sutojo. 2008. Menangani Kredit Bermasalah. Edisi Kedua. Jakarta: Damar Mulia Pustaka.

Sulistyawati, Ardiani Ika., Lestari, Dian Indriana Tri., dan Tiandari, Novi Widi. 2012. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Perpajakan dan Kepatuhan Wajib Pajak Terhadap Kinerja Penerimaan Pajak (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Semarang Candisari). Fakultas Ekonomi, Universitas Semarang.

Suwardi, Fitriana. 2014. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan Pengetahuan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Survei Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Cianjur). Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Komputer Indonesia.

Syapsan, Munawar., Multifiah., and Kaluge, David. 2015. Taxes Performance Analysis as a Source of Local Revenue in the City of Pekanbaru. Microeconomics and Macroeconomics 2015, 3 (2) 32 – 45. Faculty of Economics and Business, University of Brawijaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.