Analisis Pengaruh Perubahan Ukuran Cam Lobe Lift terhadap Performa pada Mesin Otto Empat Langkah

Nicholas Kurniawan, Arka Soewono, Isdaryanto Iskandar

Abstract


Perubahan ukuran lift pada cam lobe dipelajari untuk melihat pengaruhnya terhadap nilai efisiensi volumetris dan performa pada mesin Otto empat langkah satu silinder berkapasitas 150 cc. Pengujian dilakukan dengan membandingkan cam standar sebesar 7,36 mm dengan cam yang memiliki lift lebih tinggi, yaitu 8,24 mm dan 8,53 mm. Pengujian dilakukan dengan software ANSYS untuk mendapatkan efisiensi volumetris, sedangkan performa diukur menggunakan dinamometer. Dari perhitungan dan pengujian, kedua cam modifikasi yang digunakan berhasil meningkatkan efisiensi volumetris dan performa dari mesin. Cam dengan lift 8,53 mm meningkatkan efisiensi volumetris dari 78,51% menjadi 84,1% dan performa dari 15,36 WHP ke 15,76 WHP pada 9000 rpm jika dibandingkan dengan cam standar.


Full Text:

PDF

References


Husain S.M., Sheikh, S., (2013): Rocker Arm: - A Review, International Journal of Innovative Research in Science, Engineering and Technology, vol. 2(4), hal. 1120-1126.

Pesic, R., Taranović, D., Petković, S., et al., (2013): Aspects of Volumetric Efficiency Measurement for Reciprocating Engines, Thermal Science, vol. 17(1), hal. 35-48.

Autobiz Tech Tips, (2012): Torque and Power, IE: Autobiz

Baskar, P., dan Senthilkumar, A., (2015): Effects of Oxygen Enriched Combustion on Pollution and Performance Characteristics of a Diesel Engine, Engineering Science and Technology, an International Journal, vol. 9(2016), hal. 438-443.

Jeevahan, J., Poovannan A., et al., (2017): Effect of Intake Air Oxygen Enrichment for Improving Engine Performance and Emissions control in Diesel Engine, International Journal of Ambient Energy, vol. 40(1), hal. 96-100.

Papagiannakis, R., Rakopoulos, D.C., dan Rakopoulos, C.D., (2018): Evaluation of the Air Oxygen Enrichment Effects on Commbustion and Emissions of Natural Gas/Diesel Dual-Fuel Engines at Various Loads and Pilot Fuel Quantities, Energies, vol. 11(11), hal. 3028.

Rajkumar, K., dan Govindarajan P., (2011): Impact of Oxygen Enriched Combustion on the Performance of a Single Cylinder Diesel Engine, Front Energy, vol. 5(4), hal. 398-403.

Rajkumar, K., dan Govindarajan P., (2010): Experimental Investigation of Oxygen Enriched Air Intake on Combustion Parameters of a Single Cylinder Diesel Engine, International Journal of Engineering Science and Technology, vol. 2(8), hal. 3621-3627.




DOI: https://doi.org/10.52447/jktm.v4i2.1645

Refbacks

  • There are currently no refbacks.