Analisis Sistem Proteksi Kebakaran Gedung Laboratorium Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Riau

Muhammad Reza, Aryo Sasmita, Ery Laksono Sadewo

Abstract


Sistem proteksi kebakaran digunakan untuk mendeteksi dan memadamkan kebakaran sedini mungkin dengan menggunakan peralatan yang digerakkan secara manual dan otomatis. Laboratorium Teknik Mesin Fakultas Teknik Universtias Riau merupakan salah satu bangunan yang memiliki potensi akan terjadinya kebakaran,  jika tidak memiliki sistem proteksi kebakaran yang memadai. Laboratorium tersebut memiliki mesin-mesin  yang  jika  tidak  dikelola  dengan baik akan menjadi pemicu terjadinya kebakaran. Menurut Badan  Litbang  Pekerjaan Umum, 2005 tentang Pemeriksaan  Keselamatan  Kebakaran  Gedung, setiap gedung  memiliki  4  komponen  utilitas,  yaitu Kelengkapan Tapak, Sarana Penyelamatan, Sistem Proteksi Aktif, dan Sistem Proteksi Pasif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan survei kondisi eksisting dan mencari data kepada kelembagaan atau instansi terkait. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan Sistem Proteksi Kebakaran di Fakultas Teknik Universitas Riau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode  deskriptif  kuantitatif  dengan  desain studi kasus, hasil penelitian yang kemudian diolah dan dianalisis untuk diambil kesimpulannya. Penilaian kondisi keseluruhan sistem proteksi kebakaran Laboratorium Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Riau yaitu sebesar 72.5%. Menurut Pemeriksaan Keselamatan Kebakaran Bangunan Gedung tahun 2005 menunjukan bahwa kondisi sistem proteksi kebakaran pada bangunan Laboratorium Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Riau dalam kondisi cukup. Dengan kondisi yang ada ini diharapkan sistem proteksi dapat berfungsi dengan baik saat dibutuhkan bila sewaktu-waktu terjadi bahaya kebakaran.

Full Text:

PDF

References


Badan Penelitian dan Pengembangan Pekerjaan Umum Departemen Pekerjaan Umum., 2005 Pemeriksaan Keselamatan Kebakaran Bangunan Gedung. Jakarta.

Pangesti, A.D.H., 2012, “Gambaran Tingkat Pengetahuan dan Aplikasi Kesiapan Bencana Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia”, Skripsi Sarjana, Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Indonesia, Depok.

Peraturan Mentri Pekerjaan Umum No.20/PRT/M/2008., 2008, Pedoman Teknis Manajemen Proteksi Kebakaran di Perkotaan. Jakarta.

Peraturan Mentri Pekerjaan Umum No.20/PRT/M/2009., 2009, Pedoman Teknis Manajemen Proteksi Kebakaran di Perkotaan. Jakarta.

Riduan. 2013. Dasar-Dasar Statistik. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Rizki, Rika Sri., Sara, Devi Ira., & Gapy, Mansur., 2017, ”Sistem Deteksi Kebakaran Pada Gedung Berbasis Programmabel Logic Controller (PLC)”, Jurnal Online Teknik Elektro, Vol.2 No.3, 99-104.

Sugiyanto, D. and Anmar, E.R., 2018. Analisa Sistem Perpipaan Pompa Sentrifugal 1500 Gpm pada Mobil Pemadam Kebakaran. Jurnal Kajian Teknik Mesin, 3(2), pp.57-65.

Susetyo, F.B., 2016. Peningkatan Kondisi Area Bahan Laboratorium Produksi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Kajian Teknik Mesin, 1(1), pp.1-8.




DOI: https://doi.org/10.52447/jktm.v5i1.2427

Refbacks

  • There are currently no refbacks.