PENGARUH TERMAL DAN JARAK ARC SPRAY TERHADAP SIFAT MEKANIK BAJA KARBON ( AISI 1045 )

Andi Saidah, Asrol Basri

Abstract


Penggunaan logam dalam perkembangan teknologi dan industri sebagai salah satu material penunjang yang sangat besar perannya, akan tetapi di lapangan banyak faktor yang menyebabkan daya guna logam menurun, diantanya berupa adanya laju keausan yang tinggi dan umur pendek karena sering mengalami kegagalan yang dimulai dari permukaan atau bidang kontak. Untuk mengatasi hal tersebut dilakukan cara alternatif yaitu dengan pelapisan menggunakan metode thermal arc spray AESP (Electric Arc Spraying). melakukan pelapisan logam dengan material yang memiliki ketahanan aus yang lebih baik. Pada penelitian ini menggunakan material coating 60T 13% crhome steel pada material substrat baja karbon rendah (AISI 1045) dengan variasi jarak spray (80mm, 100A) (220mm, 120A) dan (320mm, 150A) dengan metode thermal arc spray. Hasil pengujian macro secara visual spesimen tidak di temukan cacat pelekatan material coating dan berfungsi dengan baik. Hasil pengujian dengan menggunakan roughness tester nilai kekasaran tertinggi yaitu 0,34µm. Hasil uji kekerasan dengan metode hardness test di peroleh nilai kekerasan permukaan tertinggi yaitu 429,56 HB. Pengujian kekuatan tarik menunjukkan semakin jauh jarak spray yang digunakan maka hasil nilai kekuatan tarik semakin tinggi. Di mana hasil nilai kekuatan tarik tertinggi yaitu 428 MPa.

 

Key word : Baja Karbon rendah AISI 1045 ,Thermal Arc Spray, Variasi Jarak semprotan

Full Text:

PDF

References


Dorfman, M.R. (2005). “Thermal Spray Coating in Handbook of Environmental Degradation of Materials”. Norwich: William Andrew Publishing.

Gunardhi, Risky Nur Dede, 2018 “Analisa Sifat Mekanik dan Struktur Micro Besi Cor Fc-25 Setelah Melalui Proses Heat Traetmen”, Jurnal jurusan teknik mesin fakultas teknik. Univeristas Pamulang.

Harianto, Andhi, 2007. “Setudi karakterisasi material poros bantalan yang di rekondisi dengan proses penambahan baja chrome 13% dengan metode thermal spray”, Jurnal Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Industri. Universitas Mercu Buana.

Kurniawati Fajar, 2017. “Pengaruh variasi jarak spray lapisan FeCrMnNiCSi metode wire arc spray terhadap abrasive wear resistence dan porositas gres cast airon fc25”, Jurnal Jurusan Teknik Material dan Metalurgi Fakultas Teknologi Industri. Institut Teknologi Sepuluh November.

Putra,Sukma Ade Fransiscus, 2012. “Pengaruh arus dan waktu pelapisan hard chrome terhadap ketebalan lapisan dan kekerasan pada plat baja karbon rendah AISI 1026 dengan elktroplating menggunakan HCrO3 250 gr/lt dan H2SO4 1,25 gr/lt”, Jurnal Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Putra, Tantyo Rifqi, 2017. “Pengaruh tekanan gas pada metode thermal arc spray terhadap sifat mekanik dan merfology pelapisan FeCrMnNiCSi pada Grey cast iron FC 25”. Jurnal jurusan Teknik Material dan Metalurgi, Universitas Insitut Teknologi Surabaya.

Pawlowski, Lech . 2008. “The Science and Engineering of Thermal Spray Coating Second Edition”. The Atrium,Southern Gate, Chichester,West Sussex PO19 8SQ, England: John Wiley & Sons Ltd.

Purwaningsih, Hariyati dkk. 2010. “Studi Antar Muka Top Coat dan Bond Coat pada Rekayasa pelapisan Alumina Sebagai Lapisan Perintang Panas untuk Aplikasi Temperatur Tinggi”.Jurnal jurusan Teknik Material dan Metalurgi, Insitut Teknologi Surabaya.

Stachowiak, G. W., Batchelor, A.W., (2005). "Engineering Tribology," Elsevier, 3rd ed., Burlington.

Sugiono, Setyawan dan Setiyorini, yuli 2013. “Pengaruh variasi sudut nozzle dan jarak nozzle pada arc spray coating terhadap ketahanan abrasife lapisan 13% chrome steel”, Jurnal Jurusan Teknik Material dan Metalurgi Fakultas Teknologi Industri. Insitut Teknologi Sepuluh November.

Susilowati, S. E. (2017). Studi Perlakuan Alkali terhadap Sifat Mekanik Bahan Komposit Berpenguat Sekam Padi. Jurnal Kajian Teknik Mesin, 2(1), 67-80.




DOI: https://doi.org/10.52447/jktm.v5i2.4184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.