Pengaruh Jenis Aditif Bahan Bakar Bensin Terhadap Prestasi Mesin Motor Bensin 4 Langkah

Yos Nofendri, Asnan Wahyudi

Abstract


Abstrak

Banyaknya produsen penyedia bahan bakar minyak di indonesia membuat sebagian masyarakat bingung untuk memilih bahan bakar dari produsen mana yang cocok di gunakan untuk kendaraan bermotor mereka, masing-masing produsen bahan bakar menawarkan kualitas yang bagus untuk kendaran bermotor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui uji prestasi bahan bakar bensin RON 92 dengan menggunakan aditif yang berbeda. Penelitian ini menggunakan ,mesin bensin yang disambungkan hydrobreake untuk mengetahui variasi putaran mesin dengan putaran 1500, 2000, 2500, 3000, 3500 rpm, dan melakukan variasi pembebanan 0,5 1,0 1,5, 2,0 ,2,5 putaran. Hasil peneliitian ini menunjukan bahwa pada pengujian torsi dan daya bahan bakar menggunakan aditif The Quality Of Europe menujukan nilai yang tinggi di bandingkan bahan bakar aditif ecosave tecnology dan aditif dynaflex, sedangkan untuk konsumsi bahan bakar, bahan bakar Aditif ecosave tecnology menujukan nilai yang lebih rendah di putaran mesin rendah di bandingkan bahan bakar aditif dynaflex dan aditif The Quality Of Europe. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa bahan bakar aditif ecosave tecnology, aditif dynaflex, dan aditif The Quality Of Europedapat membuat masyarakat menilai bahan bakar yang cocok di gunakan untuk kendaraan mereka masing-masing, dan di sarankan untuk memilih bahan bakar sesuai dengan cara mengendarai kendaraannya.

 

Kata kunci: Bahan Bakar, Aditif, Prestasi mesin


Full Text:

PDF

References


A.A Wira Kresna Ningra, dan I WayanBandem Adnyana. 2003. Pengaruh penggunaan bahan bakar pertalite terhadap akselerasi dan emisi gas buang pada sepede motor bertransmisi otomatis., bali.

Arismunandar, Wiranto. 1988. Penggerak Mula Motor Bakar Torak, Edisi Kelima. Bandung: Penerbit ITB. Hlm 61.

Dwi Endyani Indah, Dan Dwi Putri Toni. pengaruh penambahan zat aditif pada bahan bakarterhadap emisi gas buang mesin sepeda motor

Haryono, G. 1997. Uraian Praktis Mengenal Motor Bakar. Semarang : Cv. Aneka Ilmu.

J.B Heywood, Internal combustion engine fundamentals., new york: Mcgraw hill, 1988

Kristanto Philip. Oksigenat Methyl Tertiary Buthyl Ether Sebagai Aditif OctaneBooster Bahan Bakar Motor Bensin. Dosen Fakultas Teknologi Industri, Jurusan Teknik Mesin - Universitas Kristen Petra

Lain Staffell. 2011. The Energy And Fuel Data Sheet. University Of Birmingham,UK

Parende, Ferdywanto. Gunawan, Hardi. Gede, I Nyoman. 2012. Analisis Konsumsi Bahan Bakar Motor Bensin Yang Terpasang Pada Sepeda Motor Suzuki Smash 110cc. Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Mesin, Universitas Sam Ratulangi.

Pudjanarsa, A., Nursuhud, D. 2006. Mesin Konversi Energi. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Nofendri, Y., 2018. Pengaruh penambahan aditif etanol pada bensin ron 88 dan ron 92 terhadap prestasi mesin. Jurnal Konversi Energi dan Manufaktur, 5(1), pp.33-39.




DOI: https://doi.org/10.52447/jktm.v7i2.6217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.