STUDI PERLAKUAN ALKALI TERHADAP SIFAT MEKANIK BAHAN KOMPOSIT BERPENGUAT SEKAM PADI

Sri Endah Susilowati

Abstract


Penggunaan serat alam mulai dilirik sebagai salah satu sumber material alternatif. Serat alam mudah ditemukan di lingkungan tempat tinggal kita dan merupakan energi terbarukan. Keunggulan utama penggunaan serat alam dibandingkan dengan serat sintetis yaitu serat alam dapat terurai oleh kondisi lingkungan (biodegradable), harganya murah dan mempunyai densitas yang rendah. Penggunaan serat alam sebagai bahan penguat dalam komposit masih memiliki kendala, yaitu ikatan yang dihasilkan antara serat dan matriks masih belum sempurna. Serat alam memiliki lapisan lignin (lapisan lilin) yang terdapat di seluruh permukaan serat. Lapisan lignin inilah yang mengakibatkan kurang baiknya ikatan antara serat dengan matriks. Karena itu dilakukanlah perlakuan untuk menghilangkan lapisan tersebut. Salah satu metoda yang digunakan adalah perlakuan alkalisasi, dimana serat direndam dalam larutan NaOH.Metode penelitian dilakukan dengan pengujian sifat mekanik (kekuatan bending, kekuatan tarik, SEM) pada komposit sekam padi dan matrik urea formaldehide dengan variasi perlakuan perbandingan sekam padi Vf = 30% ,40%, 50% dan 60% sedang urea formaldehide Vm = 70%, 60%, 50%, 40% dan perlakuan alkalisasi pada sekam padi masing-masing direndam dalam larutan alkali selama 4 jam. Komposit yang akan digunakan dibuat dengan metoda cetak tekan dan dilakukan pengujian sifat mekanik. Sebagai parameter pengujian peralatan uji yang digunakan adalah uji bending dengan ASTM D790 – 02 dan uji tarik dengan ASTM D 638-02. Alat uji yang digunakan adalah Universal Testing Machine.Kata kunci : sekam padi, urea formaldehyde, sifat mekanis

Full Text:

PDF

References


ASTM D 638-02, 2002, Standard Test Method for Tensile Properties of Plastics, An American National Standard.

ASTM D 790-02, 2002, Standard Test Method for Flexural Properties of Unreinforce and Reinforced Plastics and Electrical Insulating Materials, An American National Standard.

Callister, W. D., 2007, Material Science and Enginering, An Introduction 7ed, Department of Metallurgical Enginering The University of Utah, John Willey and Sons, Inc.

Gibson, Ronald F. 1994.Principle Of Composite Material Mechanics. New York : Mc Graw Hill,Inc.

Harper, A. C., 1996, Handbook of Plastics, Elastomers and Composites, Mc Graw Hill Componies, Inc.

Irwanto, S.M.B.,2014, Analisis Kekuatan Tarik dan Struktur Komposit Berpenguat Serat Alam Sebagai bahan Alternative Pengganti Serat Kaca Untuk Pembuatan Dashboard. Jurnal Momentum. Vol 10, No.2 Univ. Wahid Hasyim. Semarang.

Jones, M. R., 1975, Mechanics of Composite Material, Mc Graww Hill Kogakusha, Ltd..

Lukkasen, D. and Meidell, A., 2003, Advance Materials and Structures and their Fabrication Processes, Third edition, Narvik University College, HiN.

Mueler, Dieter H. October 2003. New Discovery in the Properties of Composites Reinforced with Natural Fibers. JOURNAL OF INDUSTRIAL TEXTILES, Vol. 33, No. 2. Sage Publications.

Roseno, Seto. 2003. Karakteristik dan Model Mekanis Material Komposit Berpenguat Serat Alam. Jakarta: BPPT.

Shackelford, James, F., 1992, Introduction to Material Science for Enginering, London Prentice Hall International, Inc.

Smith, F. W., Hashemi, J., 2006, Foundation of Materials Science and Enginering, Mc Graw Hill Companies, Inc.

Sony. 2005., Kekuatan Bending dan Tarik Komposit Berpenguat Serbuk Tempurung Kelapa dan Abu Sekam Padi yang Dikombinasikan dengan Epoxy. Tugas Akhir, Teknik Mesin UMS, Surakarta.

Sandi Eko. 2015. Pengaruh Waktu Rendaman Bahan Kimia NaOH Terhadap Sifat Fisis dan Mekanis Komposit Serat Bulu Kambing Sebagai Fiber Dengan Matrik Polyester. Tugas Akhir, Teknik Mesin, UMS. Surakarta.

Shabiri, A. 2014. Pengaruh Perlakuan Alkali (NaOH) Terhadap Mekanik Komposit Epoksi Berpengisi Serat Ampas Tebu. Tugas Akhir, Teknik Kimia. Universitas Sumatera Utara.




DOI: https://doi.org/10.52447/jktm.v2i1.631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.