PENGARUH BESAR SUDUT KAMPUH TERHADAP KEKUATAN TARIK HASIL PENGELASAN GMAW

Sopiyan Sopiyan, Ferry Budhi Susetyo

Abstract


Hasil pengelasan yang baik merupakan tujuan utama dari proses pengelasan. Banyak terjadi hasil pengelasan yang kurang baik seperti cacat-cacat las, kekuatan yang dihasilkan kurang baik dan lain sebagainya. Hasil pengelasan tersebut dipengaruhi oleh parameter-parameter pengelasan seperti besar sudut kampuh, kadar campuran dalam elektroda, material yang di las, posisi pengelasan dan sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh variasi sudut kampuh terhadap cacat las pada hasil pengelasan dengan melalui uji visual, mengetahui pengaruh variasi sudut kampuh terhadap sifat mekanis kekuatan tarik, dan menentukan besar sudut kampuh v yang mempunyai hasil pengelasan terbaik.

Bahan yang digunakan adalah ASTM A36 dengan ketebalan 8 mm. Jenis elektroda yang digunakan yaitu ER-70S2. Jenis kampuh yang digunakan adalah kampuh V tunggal. Variasi sudut kampuh yang digunakan yaitu 56º, 60º, 64º, 68º dan 72º. Manggunakan arus 150 A, posisi pengelasan 1G dan spesimen dilas tanpa perlakuan panas.

Hasil pengelasan spesimen F terdapat cacat las undecutting, spesimen G terdapat cacat las weld spatter, spesimen H tidak terdapat cacat las, spesimen I terdapat cacat las weld spatter, dan spesimen J terdapat cacat undercutting dan weld spatter. Kekuatan tarik (tensile strenght) rata-rata dari spesimen F 13,1992 kgf/mm2, spesimen G 15,5006 kgf/mm2, spesimen H 16,9862 kgf/mm2, spesimen I 16,9862 kgf/mm2, dan spesimen J 17,9774 kgf/mm2. Sudut kampuh 72o yaitu pada spesimen J, menghasilkan kekuatan tarik paling tinggi jika dibandingkan dengan sudut kampuh 56º, 60º, 64º, dan 68º.

Kata kunci: GMAW, A36, V tunggal, AWS ER70S-6

 


Full Text:

PDF

References


Ambiyar. dkk. Teknik Pembentukan Pelat Jilid III. Direktorat Pembinaan SMK. Jakarta 2008.

ASTM A36. Standard Specification for Carbon Structural Steel.

AWS. ASME Section IX Boiler & Pressure Vessel Code, Welding and Brazing Qualifications.. New York. 2004.

Sunaryo, Hery. Teknik Pengelasan Kapal jilid 1. Direktorat Pembinaan Sekolah Kejuruan. Jakarta. 2008.

Sunaryo, Hery. Teknik Pengelasan Kapal jilid 2. Direktorat Pembinaan Sekolah Kejuruan. Jakarta. 2008.

Sonawan, Hery dan Suratman, Rochim. Pengantar untuk Memahami Proses Pengelasan Logamcetakan ke dua. Bandung: Alfabeta, 2006.

Wiryosumarto, Harsono. Okumura, Toshie. Teknik Pengelasan Logam. Pradnya Paramita. Jakarta. 2000.

Surdia, Tata. Saito, Sinroku. Pengetahuan Bahan Teknik. Pradnya Paramita. Jakarta. 1999.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.