RANCANG BANGUN DRUM OVEN MESIN PENGERING LIMBAH IKAN UNTUK PAKAN TERNAK

Sugeng Priyanto

Abstract


Minimnya pengetahuan tentang pemanfaatan limbah ikan dan belum adanya penerapan teknologi dalam pengelolaan limbah ikan. Hal ini yang menyebabkan limbah ikan hanya dibuang ke laut atau dijual ke pengepul dengan harga murah. Limbah ikan dapat diolah menjadi tepung ikan yang sangat baik sebagai nutrisi tambahan pakan hewan ternak maupun ikan. Penelitian ini membuat”Rancang Bangun Mesin Penggiling Limbah Ikan Menjadi Tepung Ikan”. Pembuatan mesin penggiling limbah ikan ini dimulai dari melakukan studi literatur dan observasi untuk merencanakan dan menentukan mekanisme penggilingan limbah ikan. Setelah itu menyiapkan komponen alat dan bahan untuk pembuatan dan perakitan alat. Setelah alat sudah jadi dilakukan pengujian. Rancang bangun mesin mengunakan motor Type YAL 632 – 4, puli dengan putaran motor 1370rpm, Poros pada pisau berdiameter 18 mm dan system pemanas berupa blower dan heater. Setelah dilakukan perhitungan, rancang bangun alat menggunakan motor 180 watt, dengan gear reduksi 1 : 25 dengan kecepatan akhir 55 rpm, dengan kecepatan sabuk 12.3 m/s. poros memiliki tegangan geser 4 kg/mm2 dan torsi 1279.7 kg.mm. sedang drum yang digunakan memiliki kapasitas 60 liter dan kapasitas ikan yang dikeringkan sebanyak 9 liter.

Full Text:

PDF

References


Azza Annisa , Peralatan Pengering Drying Equipment. ( Bogor : Institut Pertanian Bogor, 2014 )

Frina Widowati, Pengering Cabai Menggunakan Alat Rotary Dryer. (Semarang 2012 )

G.Takeshi Sato dan N. Sugiarto Hartanto, Menggambar Mesin MenurutStandar ISO, cetakan kesebelas, (Jakarta : Pradnya Paramita, 2005 )

Khurni R.S. A Text Book Of Machine Design. (New Delhi : Eurasia Publishing House, 1982 )

Muhamad Fauzi Apriyana, Cara Kerja Oven Pengering Bahan Makanan. (Jakarta : Universitas Negeri Jakarta, 2015)

Riyansyah Nur, Pembuatan Drum Oven Pengering Makanan. (Jakarta :Universitas Negeri Jakarta, 2015)

Suga Kiyokatsu, Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin, terj. Sularso, cetakan ketujuh, (Jakarta : Pradnya paramita, 1991 )


Refbacks

  • There are currently no refbacks.