EVALUASI KAPASITAS PARKIR KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA PADA STASIUN COMMUTER LINE TANGERANG

Indah Handayasari, Gita Puspa Artiani

Abstract


Ruang parkir merupakan salah satu unsur sarana yang tidak dapat dipisahkan dari sistem transportasi secara keseluruhan. Setiap perjalanan yang menggunakan kendaraan diawali dan diakhiri ditempat parkir. Oleh sebab itu, ketersediaan ruang parkir yang cukup diperlukan bagi pengguna kendaraan sehingga aktivitas yang akan dilakukan dapat terlaksana pada waktunya. Salah satu tempat yang membutuhkan ruang parkir adalah stasiun kereta. Sarana parkir pada stasiun kereta sangat dibutuhkan mengingat jumlah serta daya angkut penumpang yang menggunakan jasa tranportasi masal ini cukup besar dalam satu kali keberangkatan baik kereta api maupun commuter line. Pada penelitian ini akan dilakukan evaluasi terhadap kapasitas parkir untuk kendaraan bermotor roda dua yang ada pada Stasiun Commuter Line Tangerang. Hal ini perlu dievaluasi mengingat stasiun tersebut merupakan stasiun yang letaknya paling ujung di jalur Tangerang-Duri dan merupakan stasiun dengan akses terdekat di Wilayah Tangerang. Dari hasil kajian yang dilakukan diperoleh bahwa kebutuhan parkir untuk kendaraan roda dua yaitu 2790 unit ruang parkir sedangkan yang tersedia sebesar 1218 unit ruang parkir serta nilai indeks parkir yang didapatkan keseluruhannya > 1 sehingga dapat dinyatakan lahan parkir bermasalah atau melebihi kapasitas.


Full Text:

PDF PDF

References


Direktorat Jendral Perhubungan Darat, Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas Dan Angkutan Kota (1998). Pedoman Perencanaan Dan Pengoperasian Fasilitas Parkir. Jakarta: Direktorat Jendral Perhubungan Darat.

google chrome. (2018). Dipetik Agustus 25, 2018, dari krl.co.id : http://www.krl.co.id/#_m_tentangkami

Mega suryandari, Achmad Wicaksono, Imma Widyawati Agustin, (2015). Penerapan Park And Ride di Stasiun Bekasi. Tata Loka Vol.17 No.3.

Ofyar Z. Tamin. Perencanaan Dan Permodelan Transportasi. Penerbit Institut Teknologi Bandung Edisi Kedua.

Rahayu Widhiastuti, Eka Priyadi, Akhmadali. (2013).Evaluasi Dan Analisis Kebutuhan Ruang Parkir Di Kampus Politeknik Negeri Pontianak . Jurnal Teknik Sipil Untan/Vol.13 No.1.

Septyanto Kurniawan, Agus Surandono (2017). Analisa Kebutuhan Dan Penataan Ruang Parkir Kendaraan (Studi Kasus Pada Lahan Parkir Kampus II Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Metro). Tapak Vol.6 No.2.

Yunita A. Messah, Roky A.E. Lay Kanny , Andi Hidayat Rizal (2014). Analisis Kebutuhan Lahan Parkir di Rumah Sakit Umum Daerah PROF. DR. W.Z. Johannes Kupang. Jurnal Sipil Statistik Vol.1 No.4.




DOI: https://doi.org/10.52447/jkts.v3i2.1347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright@ Pusat Penelitian Fakultas Teknik

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

 

Pengunjung