PEMETAAN POTENSI LIKUIFAKSI DI KOMPLEKS CANDI PRAMBANAN

Tri Wahyu Kuningsih, Dwi Novi Wulansari

Abstract


Salah satu dampak dari terjadinya gempa bumi adalah likuifaksi. likuifaksi adalah fenomena hilangnya kekuatan lapisan tanah akibat getaran gempa. Efek dari gerakan gelombang gempa bumi di dalam tanah akan bervariasi dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Dalam penelitian ini memetakan potensi likuifaksi pada Kawasan Candi prambanan dengan menngunakan metode Liquefaction Potential Index (LPI), Liquefaction Severity Index (LSI) dan Liquefaction Risk Index (LRI). Tiga metode yang sering digunakan untuk mengetahui karakteristik pengaruh gerakan gelombang tersebut dan kaitannya dengan kedalaman tanah terhadap potensi likuifaksi untuk suatu lokasi tertentu dengan output data berupa peta potensi likuifaksi. Hasil penelitian ini di Kawasan Candi Prambanan potensi likuifaksi kecil bahkan sangat kecil.

Full Text:

PDF

References


Iwasaki, T., Arakawa, T., and Tokida, K., 1984, Simplified Procedures for Assessing Soil Liquefaction during Earthquakes, Soil Dynamics and Earthquake Engineering, Vol.3, Southampton, hal. 49-58.

Iwasaki, T., Arakawa, T., and Tokida, K., 1984, Simplified Procedures for Assessing Soil Liquefaction during Earthquakes, Soil Dynamics and Earthquake Engineering, Vol.3, Southampton, hal. 49-58.

Lee DH, Ku CS, & Yuan H., 2003, A study of the liquefaction risk potential at Yuanlin. Taiwan Eng Geol 71, pp: 97–117.

Mase, L.Z., 2013, Analisis Potensi Likuifaksi Di Kali Opak Imogiri Daerah Istimewa Yogyakarta (Studi Eksperimental dan Analisis Empiris), Tesis, Jurusan Teknik Sipil (Geoteknik) dan Lingkungan, Universitas Gadjah Mada.

Setyabudi, A.P., 2013, Analisis Probabilitas Likuifaksi Menggunakan Metode Liquefaction Severity Index Untuk Kabupaten Bantul, Sleman, Dan Kotamadya Yogyakarta, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil (Geoteknik) dan Lingkungan, Universitas Gadjah Mada.

Sonmez, H and Gokceoglu, C., 2005. A liquefaction severity index suggested for engineering practice, Environmental Geology, 48, pp. 81-91.

Tonkin & Taylor International Ltd, 2013, Canterbury New Zealand Earthquake Sequence 2010-201, Seminar on disaster preparedness in the Philippines.

Yogatama, B.A., 2012, Analisis Potensi Likuifaksi Di Kawasan Kabupaten Bantul Dan Kotamadya Yogyakarta, Jurusan Teknik Sipil (Geoteknik) dan Lingkungan, Universitas Gadjah Mada.

Youd, T.L., and Perkins, D.M., 1978. Mapping liquefaction-induced ground failure potential, Journal of the Geotechnical Engineering Division 104, No. GT4, 433-446.




DOI: https://doi.org/10.52447/jkts.v3i2.1352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright@ Pusat Penelitian Fakultas Teknik

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

 

Pengunjung