ANALISA KINERJA RUAS JALAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN BESERTA NILAI WAKTU DI KOTA CILEGON

Muhammad Fakhruriza Pradana, Arief Budiman, Muhammad Pandu Imbar

Abstract


Jalan Jenderal Ahmad Yani merupakan salah satu jalan yang berada di pusat kawasan perniagaan Kota Cilegon. Area di sekitar jalan tersebut merupakan daerah yang mempunyai aktivitas perdagangan cukup tinggi. Hal tersebut terlihat dari banyaknya pertokoan disepanjang jalan sehingga sering terjadinya kemacetan yang disebabkan banyaknya hambatan samping pada area tersebut. Pada satu sisi, perdagangan tentu menaikkan perekonomian wilayah sekitar, tetapi pada sisi lain dengan adanya kemacetan akan merugikan pengguna jalan di sekitar area perniagaan tersebut. Sehubungan dengan permasalahan diatas, maka diperlukan studi dan analisa untuk mengetahui kinerja ruas jalan, kecepatan dan waktu tempuh. Dari kinerja tersebut akan coba dibandingkan dengan besarnya BOK dan nilai waktu yang dipakai oleh pengguna jalan. Berdasarkan hasil analisis perhitungan pada kapasitas jalan maka hambatan samping yang didapat dari hasil pengamatan dilapangan sangat berpengaruh kepada kapasitas jalan di Jalan Jenderal Ahmad Yani Kota Cilegon. Hal  ini ditunjukkan pada derajat kejenuhan atau DS (Degree of Saturation) pada saat jam puncak hari kerja jam 07.00-08.00 yang nilai nya mencapai 0,82 dengan tingkat pelayanan D dengan kecepatan kendaraan hanya 20 km/Jam. Perhitungan biaya operasional kendaraan tidak tetap pada jam puncak hari kerja dengan hambatan samping adalah Rp. 9465,56 /Km dan pada hari libur sebesar Rp. 9396,73/Km. Tetapi Perhitungan biaya operasional kendaraan tidak tetap jika hambatan samping nya diabaikan atau mempunyai faktor pengali 1, maka menjadi Rp. 9446,71/Km  pada hari kerja dan Rp. 9388,78/Km pada hari libur.

Full Text:

PDF

References


MKJI, 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Direkrtorat Jenderal Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta

RSNI, 2005, Pedoman Perhitungan Biaya Operasional Kendaraan, Dinas Pekerjaan Umum, Jakarta.

Dirjen Perhubungan Darat, 1996, Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir, Departemen Perhubungan, Jakarta.

Rida, Wahyuni, 2008, Pengaruh Parkir Badan Jalan Terhadap Kinerja Ruas Jalan Studi Kasus Jl. Brigjen Katamso Sekolah Harapan Mandiri Medan, Universitas Sumatera Utara

Harry, Patmadjaja et al, 2003, Pengaruh Kegiatan Perparkiran Dibadan Jalan Terhadap Kinerja Ruas Jalan Studi Kasus Jalan Kerta Jaya, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Rizky, Ardhiarini, 2008, Analisis Kinerja Ruas Jalan Di Yogyakarta Studi Kasus Jl K.H Ahmad Dahlan, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Tamin, O.Z, et al, 1999, Pengaruh Kegiatan Perparkiran Dibadan Jalan (On Street Parking) Terhadap Kinerja Ruas Jalan, Studi Kasus DKI Jakarta, Jurnal Transportasi No 1 tahun 1, Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi.

Tamin, O.Z, 2000, Perencanaan Dan Pemodelan Transportasi edisi ke 2, Penerbit ITB, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.52447/jkts.v4i1.1424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright@ Pusat Penelitian Fakultas Teknik

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

 

Pengunjung