PERBANDINGAN BIAYA, WAKTU DAN MUTU PENGGUNAAN BEKISTING MULTIPLEKS DENGAN BEKISTING FIBERGLASS PADA PEKERJAAN PILE CAP

Gita Puspa Artiani, Khusnan Hidayat

Abstract


Bekisting adalah cetakan sementara yang digunakan untuk menahan beton selama beton dituang dan di bentuk sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Dikarenakan berfungsi sebagai cetakan sementara, bekisting akan di lepas atau dibongkar apabila beton yang di tuang telah mecapai kekuatan yang cukup. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui berapa besar perbandingan biaya, waktu, dan mutu dalam pelaksanaan bekisting multipleks dengan bekisting fiberglass pada pekerjaan bekisting pile cap. Yang mana nantinya akan menghasilkan suatu informasi mengenai analisis perbandingan penggunaan bekisting multipleks dengan bekisting fiberglass pada pekerjaan pile cap sebagai penggunaan bahan pekerjaan bekisting. Hasil dari penelitian ini didapatkan biaya bekisting multipleks sebesar Rp. 11.395.512 sedangkan biaya bekisting fiberglass sebesar Rp. 6.407.415 lebih hemat 40,77% dari biaya bekisting multipleks sedangkan untuk waktu pelaksanaan bekisting multipleks dengan bekisting fiberglass sama dengan membutuhkan waktu 36 hari, tetapi bekisting fiberglass hanya membutuhkan 3 bekisting dengan 12 periode ulang pemakaian sedangkan bekisting multipleks membutuhkan 9 bekisting dengan 4 periode ulang pemakaian untuk 34 titik bekisting pile cap. Dan berdasarkan analisis mutu pelaksanaan, hasil beton finish bekisting fiberglass lebih baik dari pada bekisting multipleks. Hal ini akan membuat biaya pelaksanaan beton menjadi terjaga nilainya dan membuat waktu pelaksanaan beton menjadi lebih cepat.


Full Text:

PDF

References


Fakhruz Zamani, 2017, Skripsi Analisis Perbandingan Biaya Pelaksanaan Pekerjaan Bekisting, Multipleks Dengan Fiberglass Untuk Pekerjaan PIER HEAD Pada Proyek Double – Double Track, Manggarai – Jatinegara. Jakarta. Sekolah Tinggi Teknik PlN.

Frick, Heinz., Pujo.L Setiyawan, 2002, Ilmu Konstruksi Perlengkapan dan Utilitas Bangunan. Yogyakarta. Kanisius.

Harga Bahan KSO PT. Jaya Konstruksi dan Adhi Karya (Proyek Pembangunan 6 (Enam) Ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta.

Harga Upah Pekerja Pergub UMSP DKI Jakarta No. 16 Tahun 2018. https://betterwork.org/dev/wp-content/uploads/2017/02/Pergub-UMSP-DKI-Jakarta-No-16-Tahun-2018.pdf.

Husen, 2011, Pedoman Manajemen Waktu. https://docplayer.info/247091-Manajemen-waktu-proyek.html.

I Wayan Swastika dan Adi Sulistyo Budi. (2015). Skripsi Studi Penggunaan Fiberglass Untuk Bekisting Pada Konstruksi. Jakarta. Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN).

Riyanto, 2003, Pedoman Biaya Konstruksi. http://ddriyanto.blogspot.com/2011/04/analisa-biaya-konstruksi.html.

Wigbout Ing. F, 1992, Buku Pedoman Tentang Bekisting (kotak cetakan). Jakarta. Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.52447/jkts.v4i1.1425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright@ Pusat Penelitian Fakultas Teknik

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

 

Pengunjung