ANALISA KECELAKAAN LALU LINTAS DAN FAKTOR PENYEBABNYA DI JALAN RAYA CILEGON

Muhammad Fakhruriza Pradana, Dwi Esti Intari, Danur Pratidina D

Abstract


Jalan Raya Cilegon adalah jalan utama penghubung antara Kota Cilegon dan Serang yang masuk daerah Serang Kabupaten. Fungsi jalan ini sangat krusial karena kedua kota yang terhubung adalah kota besar di Banten. Kota Serang yang merupakan Ibukota Provinsi Banten dan Kota Cilegon dengan kota penghasil baja terbesar di Pulau Jawa. Namun disamping fungsinya yang sangat krusial, lalu lintas di Jalan Raya Cilegon seringkali terjadi kecelakaan. Jalanan di Jalan Raya Cilegon memiliki beberapa titik yang dimana masih memiliki rambu yang minim dan kondisi aspal yang berlubang. Seperti contohnya adalah baru – baru ini terdengar kecelakaan yang terjadi di daerah Serdang dan Keramatwatu menuju arah PCI Cilegon. Kecelakaan tersebut terjadi tiga kali dalam tiga hari berturut – turut dan menelan korban jiwa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa faktor penyebab, karakteristik, lokasi daerah titik rawan (blackspot), keadaan daerah titik rawan (blackspot), upaya – upaya penanganan yang dapat dilakukan, dan besarnya kerugian materiil kecelakaan yang terjadi di Jalan Raya Cilegon

Metode yang digunakan adalah metode AEK (Angka Ekivalen Kecelakaan) dan UCL (Upper Control Limit) untuk mengetahui daerah titik rawan kecelakaan di Jalan Raya Cilegon. Data primer yang diperoleh adalah dengan melakukan survey pengamatan untuk mengetahui kondisi jalanan yang temasuk daerah rawan kecelakaan, sedangkan data sekunder yaitu identitas pelaku dan karakteristik kecelakaan yang didapat dari Laporan Polisi di Laka Lantas Polres Serang selama 4 tahun 2 bulan terakhir.

Gambaran hasil dari karakteristik kecelakaan yang diperoleh dari data penelitian adalah sebagai berikut: Kecelakaan dominan terjadi pada Hari Sabtu sebanyak 47 kali (19%), waktu gelap sebanyak 149 kali (58%), korban Luka Ringan sebanyak 258 korban (62%), Bulan Maret hingga Agustus sebanyak 145 kali (57%), tingkat pendidikan SLTA sebanyak 164 kali (77%), pengguna Kendaraan Roda Dua sebanyak 180 kali (74%), laki – laki sebanyak 167 kali (87%), tidak memiliki SIM sebanyak 124 kali (67%), karyawan swasta sebanyak 134 kali (66%), usia 21 hingga 25 tahun sebanyak 49 kali (23%). Faktor dominan kecelakaan yaitu disebabkan oleh manusia dengan persentase 96%. Dengan metode AEK dan UCL didapat daerah rawan kecelakaan (blackspot) dengan angka tertinggi adalah Kelurahan Wanayasa, Kecamatan Kramatwatu. Solusi terbaik mengurangi kecelakaan dengan pemasangan rambu, rumble strip dan perbaikan jalanan.

Full Text:

PDF

References


Antoro, H., D., 2006, Analisa Hubungan Kecelakaan Dan V/C Ratio (Studi Kasus : Jalan Tol Jakarta Cikampek), Tesis Pasca Sarjana, Universitas Dipenogoro, Semarang.

Dwiyogo, P., dan Prabowo., 2006, Studi Identifikasi Daerah Rawan Kecelakaan (Blackspot dan Blacksite) Pada Jalan Tol Jagorawi, Tugas Akhir, JurusanTeknik Sipil, Universitas Diponegoro, Semarang.

Firman, 2011, Studi Potensi Lokasi Rawan Kecelakaan Busway Transjakarta di Koridor Sembilan, The 14th FSTPT International Symposium, Pekanbaru.

Hermariza, U., 2008, Studi Identifikasi Daerah Rawan Kecelakaan di Ruas Jalan Tol Jakarta- Cikampek, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil Universitas Indonesia, Jakarta.

Hobbs, F., D., Pignataro, L., J., 1973, Traffic Engineering: Theory & Practice, Pentice Hall, Englewood Cliffs, N.J.

Khisty, C., J., dan B. Kent Lall., 2003,Dasar-dasar Rekayasa Transportasi Jilid 2, Penebit Erlangga.

Khotib, T., 2016, Analisa Rawan Kecelakaan Pada Ruas Jalan Cilegon-Anyer KM 08– KM 14 Kota Cilegon, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil Untirta, Cilegon.

Ma’ruf, Y., P., 2013, Pengaruh Investasi Infrastruktur Jalan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Wilayah di Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Mokoginta, A., K., 2011, Analisa Tingkat Kecelakaan di Kota Ambon, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil ITS, Surabaya.

Prakoso, S., B., 2010, Analisa Kecelakaan Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Luar Kota Surabaya – Porong, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil ITS, Surabaya.

Putu, H., dan Oka, 2011, Analisa Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan Prof. Ida Bagus Mantra (Ruas Tohapati – Kusamba), The 14th FSTPT International Symposium, Pekanbaru.

Widyasih, M., 2003, Analisa Kecelakaan Lalu Lintas Di Jalan Tol Padalarang- Cileunyi, Skripsi Sarjana, Jurusan Teknik Sipil, Universitas Parahyangan, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.52447/jkts.v4i2.1492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright@ Pusat Penelitian Fakultas Teknik

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

 

Pengunjung