ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL DAN RUAS JALAN (STUDI KASUS: SIMPANG DAN RUAS JL. PANJANG YANG TERHUBUNG DENGAN JL. KEDOYA DURI DAN JL. DURI RAYA)

Nabila Mardia, Nunung Widyaningsih

Abstract


Persimpangan pada ruas Jalan Panjang yang terhubung dengan ruas Jalan Kedoya Duri dan Jalan Duri Raya ini merupakan kawasan komersil yang dimana kawasan ini banyak berdiri perkantoran, pertokoan, rumah makan, hotel dan banyaknya pengguna kendaraan pribadi di sepanjang persimpangan ini, sehingga ketika memasuki jam – jam sibuk persimpangan ini sering mengalami kemacetan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja simpang bersinyal dan ruas Jalan Panjang yang terhubung dengan ruas Jalan Kedoya Duri dan Jalan Duri Raya dan memberikan alternatif pemecahan masalah dengan menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Hasil analisa data eksisting, diperoleh Level Of Service (LOS) F untuk kondisi jam sibuk pagi dan sore yang berarti nilai tundaan yang tinggi, menunjukkan waktu siklus yang panjang dan rasio kendaraan yang tinggi ditunjukkan dari panjangnya waktu siklus yaitu 180 detik dengan 3 fase lalu lintas dengan nilai derajat kejenuhan yang tinggi yaitu melebihi 1,00 berarti sudah melebihi standar MKJI 1997 untuk kategori cukup baik yaitu LOS C berada pada angka lebih kecil dari 0,8 (DS ≤ 0,8) dan selanjutnya sebagai alternatif pemecahan masalah pertama dengan perubahan waktu siklus lampu lalu lintas dan alternatif pemecahan masalah kedua dengan menghilangkan belok kanan pada Jalan Kedoya Duri dan Jalan Duri Raya.

Indikator dalam menilai kinerja simpang dilihat dari nilai derajat kejenuhan. Dari dua alternatif pemecahan masalah yang dicobakan maka alternatif pemecahan masalah kedua merupakan alternatif terbaik (LOS) D untuk jam sibuk pagi dan sore hari serta LOS untuk jam sibuk siang hari.

 


Full Text:

PDF

References


Amri, Fauzal. (2017): Analisis Kinerja Simpang Bersinyal Jalan Raya Lemah Abang Cikarang Utara Dengan Metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. Tugas Akhir. Jurusan Teknik Sipil, Universitas Mercu Buana. Jakarta.

Badan Pusat Statistik. (2019). Jumlah Penduduk Kota Jakarta Barat. Diambil dari website: https://jakbarkota.bps.go.id/publication

Direktorat Jendral Bina Marga Dan Direktorat Bina Jalan Tata Kota. (1997): Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Yayasan Penerbit PU, Jakarta.

Hasudungan Sariaman Sitanggang, Lamhot ; Hartanto, Joni. (2014): Analisis Kinerja Simpang Bersinyal (Studi Kasus: Jalan K.H Wahid Hasyim - Jalan Gajah Mada) Vol. 3 (2): 1-11. Jurnal Teknik Sipil USU No. 2. Website https://jurnal.usu.ac.id/index.php/jts/article/view/7086/2910

Ishak Syahabudin Theo K. Sendow, Febrina ; L. E.Rumayar, Audie.(2015) : Perencanaan Lampu Pengatur Lalu Lintas Pada Persimpangan Jalan Sultan Hasanudin Dan Jalan Ari Lasut Menggunakan Metode MKJI Vol.(3). Jurnal Sipil Statik No.10 Oktober 2015 (685-695) Issn: 2337-6732.Universitas Sam Ratulangi, Manado.

Khisty, C. Jotin; B. Kent Lall. (2005): Dasar-Dasar Rekayasa Transportasi (Jilid 1). Erlangga. Jakarta.

Republik Indonesia. (2006): Peraturan Menteri Perhubungan, Nomor: KM 14 Tahun 2006 tentang Manajemen Dan Rekayasa Lalu Lintas Di Jalan. Menteri Perhubungan. Jakarta.

Republik Indonesia. (2009): Undang – Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Lembaran Negara RI Tahun 2009, No. 96. Sekretariat Negara. Jakarta.

Republik Indonesia. (2009): Undang – Undang No. 38 Tahun 2004 tentang Jalan. Lembaran Negara RI Tahun 2004, No. 132. Sekretariat Negara. Jakarta.

Romadhona, Annisa Ayu. (2017): Analisis Kinerja Simpang Bersinyal (Studi kasus: Perempatan Ampera Jalan TB. Simatupang – Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan. Tugas Akhir. Jurusan Teknik Sipil, Universitas Mercu Buana. Jakarta.

Salsabilla, Nur. (2018): Analisis Kinerja Simpang Bersinyal Mampang Prapatan Raya - Warung Jati Barat. Tugas Akhir. Jurusan Teknik Sipil, Universitas Mercu Buana. Jakarta.

Sari, Indah Puspita. (2016): Analisis Kinerja Simpang Bersinyal Jalan Haji Mulyadi Joyomartono Bekasi Timur dengan Metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Tugas Akhir. Jurusan Teknik Sipil, Universitas Mercu Buana. Jakarta.

Sariaman, Lamhot Hasudungan; Harianto, Joni.. (2014): Analisis Kinerja Simpang Bersinyal (Studi Kasus: Jalan K.H Wahid Hasyim – Jalan Gajah Mada). Jurnal Teknik Sipil Universitas Sumatera Utara. Sumatera Utara.

Tamin, O.Z. (1997): Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung. Bandung.

Warsiti; Sukoyo; Pamungkas, Galih; Ryan, Muhamad. (2016): Analisis Kinerja Simpang Bersinyal Pada Jalan Kaligarang – Jalan Kelud Raya – Jalan Bendungan Raya. Jurnal Teknik Sipil Politeknik Negeri Semarang. Semarang




DOI: https://doi.org/10.52447/jkts.v4i2.1539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright@ Pusat Penelitian Fakultas Teknik

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

 

Pengunjung