ANALISIS KEKUATAN TANAH DASAR PADA PERKERASAN KAKU DI JALAN RAYA PELABUHAN TANJUNG PRIOK

Budi Hermawan, Tri Wahyu Kuningsih

Abstract


Tanah merupakan suatu pendukung sebuah bangunan yang berfungsi sebagai penahan beban konstruksi di atasnya. Hampir setiap pengerjaan sebuah pembangunan berhubungan dengan tanah. Ada beberapa jenis tanah yang memiliki sifat – sifat tidak layak untuk didirikan sebuah konstruksi yaitu yang mempunyai daya dukung rendah, kekuatan geser rendah, dan kembang susut tanah yang besar. tanah-dasar yang berfungsi sebagai alas/fondasi jalan, terdiri dari material dalam galian atau urugan dipadatkan dengan kedalaman tertentu dibawah dasar struktur perkerasan. Semakin kaku perkerasan, maka penyebaran tekanan roda ke tanah-dasar semakin mengecil. Plaxis adalah salah satu program aplikasi komputer berdasarkan metode elemen hingga dua dimensi yang digunakan secara khusus untuk menganalisis deformasi dan stabilitas untuk berbagai aplikasi dalam bidang geoteknik, seperti daya dukung tanah. nilai penurunan total pada pemodelan Tanah dasar lunak dan pelat beton menghasilkan nilai penurunan sebesar 13 mm. sedangkan nilai penurunan total terbesar yaitu Tanah dasar lunak, Base A, Base B, Limestone dan Pelat beton mendapatkan nilai penurunan total sebesar 21,54 mm. Masing-masing nilai penurunan total masih dibawah nilai batas izin maksimum.

Full Text:

PDF

References


American Association of stste Highway and Transportation Officials (AASHTO), 1993, Interim Guide For Design Of Pavement Structures. USA.

Anonim, 2002. PLAXIS Manual. Netherlands : Delfth University of Technology

Asphalt Institute MS-2, Mix Design Methods For Asphalt Concrete and Other Hot-Mix Types, Asphalt Institute (Manual Series no. 2), sixth edition, Kentucky, USA.

Asphalt Institute, 1983b, Asphalt Technology and Contructions Practies, Educational Series ES-1, pp. 15-17.

Das, B.M. 1995. Mekanika Tanah (Prinsip-Prinsip Rekayasa Geoteknis). Surabaya : Erlangga.

Departemen Pekerjaan Umum, Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Dengan Metode Analisa Komponen, SKBI – 2.3.26. 1987 / SNI NO : 1732-1989-F, Jakarta 7 Oktober 1987.

Departmen Pemukiman dan Prasarana Wilayah, 2002, Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur, Pedoman Kontruksi Bangunan, Pt. T-01-2002-B, Depart Pemukiman dan Prasarana Wilayah.

Hardiyatmo, H.C., 2003, Pemeliharaan Jalan Raya, Edisi Pertama, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Kementrian Pekerjaan Umum dan perumahan rakyat, Manual Desain perkerasan Jalan, Nomor 02/M/BM/2013.

Kementrian Pekerjaan Umum dan perumahan rakyat, Manual perkerasan Jalan, Nomor 04/SE/Db/2017.




DOI: https://doi.org/10.52447/jkts.v4i2.1741

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright@ Pusat Penelitian Fakultas Teknik

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

 

Pengunjung