ANALISA TAHANAN LATERAL DAN DEFLEKSI FONDASI GRUP TIANG PADA SISTEM TANAH BERLAPIS DENGAN VARIASI JUMLAH TIANG DALAM SATU GRUP

Rio Gunawan Jufri

Abstract


Fungsi pondasi adalah untuk mentransfer atau meneruskan beban dari struktur diatasnya. Beban struktur atas tersebut harus ditransfer kelapisan tanah yang cukup keras agar pondasi mampu memikul beban tersebut contoh kasusnya pondasi grup tiang. Jika pondasi grup tiang digunakan untuk mendukung suatu struktur bangunan tinggi, tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa bagaimana perilaku pile group di dalam sistem tanah berlapis, menganalisa pengaruh jumlah tiang dalam satu grup akibat beban lateral, menganalisa pengaruh jumlah tiang dalam satu grup terhadap defleksi perkedalaman, dan menganalisa pengaruh jumlah tiang dalam satu grup terhadap bending momen perkedalaman. Data input yang digunakan berdasarkan data lapangan hasil uji SPT dan analisa dilakukan dengan variasi lapisan tanah permukaan tanah (pasir dan lanau) dan permodelan dengan software PGroup v.8.0. Hasil analisa yang diamati berupa nilai tahanan lateral tanah dan defleksi lateral kepala tiang. Dari kurva p-y yang dihasilkan, pada kedalaman 2 m dan 6 m merupakan kurva yang menggambarkan tiang berperilaku liat (ductile) sedangkan pada kedalaman 10 m dan 14 m merupakan kurva yang menggambarkan tiang berperilaku getas (brittle). Sehingga dapat dilihat bahwa, perilaku liat dapat terjadi pada tanah pasir akibat beban statis dan perilaku getas terdapat pada tanah-tanah lempung khususnya lmpung kaku. Pengaruh jumlah tiang dalam satu grup terhadap defleksi dengan kombinasi beban yang sama adalah linear dimana semakin banyak jumlah tiang dalam satu grup maka defleksi akan semakin kecil.Kata Kunci: Pondasi grup tiang, Defleksi, Tahanan lateral, Tanah berlapis, PGroup v.8.0

Full Text:

PDF

References


Setiawan, Nadra. 2012. Analisa Tahanan Lateral Tanah dan Defleksi Tiang Pancang pada Tanah Berlapis. Padang. Teknik Sipil Universitas Andalas.

Ridhwan, Muhammad. 2011. Analisa Defleksi Lateral Tiang Grup PadaTanah Lempung Lunak Dengan Software Lpile Plus 4.0. Padang. Teknik Sipil Universitas Andalas.

Hakam, Abdul. 2008. “Rekayasa Pondasi” Padang. Bintang Grafika.

Hardiyatmo, H.C. 2008. Teknik Fondasi II, Beta Offset, Yogyakarta

Reese.L.C, K.Awoshika, P.H.F Lam dan S.T Wang. 1990. “Documentation of Computer Program Group Version 2.0.” Texas. Ensoft, Inc.

Prakash, Shamsar, & Hari D. Sharma. 1990. Pile Foundations in Engineering Practice. Canada. John Willey & Sons Inc.

Poulos, H. G., & Davis E. H. 1980. Pile Foundation Analysis and Design. University of Sidney. Rainbow-Bridge Book Co.




DOI: https://doi.org/10.52447/jkts.v2i1.583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright@ Pusat Penelitian Fakultas Teknik

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

 

Pengunjung