Analisis Finansial Fasilitas Park and Ride Sebagai Pelayanan Infrastruktur Kota Bandung (Studi Kasus: Gedebage)

Rindu Evelina, Herman _

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang kelayakan finansial fasilitas park and ride sebagai pelayanan infrastruktur Kota Bandung. Diperlukan analisis kelayakan finansial untuk mengetahui manfaat bagi pemerintah maupun masyarakat secara luas. Dengan menggunakan standar suku bunga 6,5% menganalisis kelayakan penyediaan fasilitas parkir park and ride yang paling optimal untuk diterapkan sebagai salah satu bentuk pelayanan insfrastruktur di Kota Bandung. Nilai yang paling tinggi dari hasil analisis finansial ditunjukkan oleh alternatif tipe Mechanical Car Parks di mana diperoleh nilai Internal Rate of Return (FIRR) dan Return of Investment (ROI) terbesar dibandingkan tipe lainnya, yaitu tipe lahan parkir (Parking Lot/Surface Car Parks tipe Multi Storey Car Parks (Gedung Parkir). Begitu pula dengan waktu pengembalian investasi awal (Payback Period) dan waktu pengembalian pinjaman, tipe ini memakan waktu lebih singkat dibandingkan dengan dua alternatif tipe lainnya. 
Kata kunci : analisis finansial, FIRR, ROI, payback period, pengembalian pinjaman

Full Text:

PDF

References


Bapeda Kota Bandung (2015). “Review Masterplan Transportasi Kota Bandung Tahun 2013”, Bapeda, Bandung. Brigham, E. F., Houston, J. F. (2001). “Manajemen Keuangan”. Erlangga. Jakarta. Chu, X., Land, L., Pendyala, R. (2001). “Update of FDOT State Park and Ride Lot Program Planning Manual”, Centre for Urban Transportation Research. University of South Florida. http://www.bi.go.id/en/moneter/bi-rate/data/Default.aspx (diunduh tanggal 6 Januari 2017). Jacksonville Transportation Authority (2009). “Park-and-Ride Study”, Jacksonville, Florida. Olaru, D., Smith, B., Xia, J., Chen, C., Lin, T., Ying, H., Han, R. (2013). “Ticket to Ride : Factor Affecting Park and Ride Travelin Perth, WA”. Proceedings of the 13th World Conference on Transportation Research, Jul 15-18, 2013. Rio de Janeiro, Brazil: Transport Research Society.




DOI: https://doi.org/10.52447/jkts.v2i2.897

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright@ Pusat Penelitian Fakultas Teknik

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

 

Pengunjung