Representasi Perempuan Dalam Pemberitaan KDRT di Media Massa Pada Masyarakat di Wilayah Jakarta (Studi Pemberitaan Kekerasan Dalam Rumah Tangga di Merdeka.com dan Kompas.com)

fauziah fauziah, armis tamampil

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisa bagaimana teks pemberitaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) terhadap perempuan dihadirkan di media massa online khususnya Merdeka dan Kompas online edisi April sampai Agustus 2013. Karena itu suatu analisis isi yang lebih mendalam dan detail untuk memahami produk isi media dan mampu menghubungkanya dengan konteks sosial atau realitas yang terjadi sewaktu pesan dibuat. Karena semua pesan (teks, simbol, gambar dan sebagainya adalah produk sosial dan budaya masyarakat).  Sesuai dengan rumusan permasalahan pada penelitian, metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan analisis isi kualitatif terlebih dahulu terhadap pemberitaan di  Merdeka dan Kompas online, kemudian baru dilakukan analisis wacana kritis dari Sara Mills untuk mengetahui perspektif pembaca dan penulis yang ditampilkan dalam teks pemberitaan tersebut.

Berdasarkan analisis terhadap berita KDRT pada kedua mediaterse but dapat disimpulkan, antara lain. Penulis memposisikan dirinya sebagai laki-laki, sehingga teks berita yang ditampilkan pun mengarahkan pembaca untuk menafsirkan teks berita dalam artikel tersebut dari sudut pandang laki-laki. Dalam berita yang terkait dengan KDRT merepresentasikan perempuan (istri) sebagai objek. Teks berita tersebut menjadi bias dalam merepresentasikan perempuan karena dalam teks berita tersebut suara perempuan (istri) tidak benar-benar ditunjukkan. Perempuan hanya digambarkan sebagai pemicu tindakan kekerasan dan akhirnya menjadi korban KDRT yang dilakukan oleh laki-laki (suami)


Full Text:

PDF

References


Burton, Graeme, 2007, Membincangkan Televisi. Yogyakarta dan Bandung: Jala Sutra.

Beritajakarta.com, 2007, akses Jumat (11/5,2007).

Christina, Andhika Setyanti, 2012, 60 persen

perempuan alami KDRT, diakses dalam situs http://regional.kompas.com/read/2012/03/12/15053582/60.Persen.Perempuan.AlamiKDRT, di akses pada 18 April 2012.

Data Monitoring LRC-KJHAM, 2009

Eriyanto, 2009, Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Wacana. Yogyakarta : LKiS Yogyakarta.

Fakih, M, 1999,Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fiske, John, 2001), Introduction to Communication Studies (2nd ed.). London and New York: Routledge.

Hamdani, Agus, 2008, Representasi Gender dalam Teks. Jurnal Bahasa dan Sastra Vol.8, No. 2 edisi Oktober.

Ibrahim, Idi Subandy & Suranto, Hanif, 1998, Wanita Dan Media: Konstruksi Ideology Gender Dalam Ruang Publik Orde Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mitra Perempuan Statistik & Catatan 2011

Murniati, A. Nunuk P, 2004, Getar Gender (Perempuan Indonesia dalam Perspektif Sosial, Politik, Ekonomi, Hukum dan HAM) (1st ed). Magelang: Yayasan Indonesia Tera (Anggota IKAPI)

Priyo. S, 2004. Media Massa dan Sensitivitas Gender. Dalam Priyo SM dan Veven Sp Wardhana (ed), Telaah Kritis Potret Perempuan Di Media Massa. Jakarta: PT. Prima media Pustaka

Pusat Studi wanita, UNY, 2003.

Ratna, Nyoman Kutha, 2007, Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rika Saraswati, Rika, 2006, Perempuan dan Penyelesaian Kekerasan dalam Rumah Tangga. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti

Ritzer, George & J. Goodman Douglas, 2008, Teori Sosiologi Modern. Edisi ke-6. Jakarta: Kencana.

Shoemaker, Pamela J. & Stephen D. Reese, 1996, Mediating The Message: Theories of Influences on Mass Media Content. London: Longman.

Sobur, Alex, 2009, Analisis Teks Media : Suatu Pengatar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Surat Kabar Harian ’Suara Merdeka’, 18 Agustus 2008

Sunarto, 2009, Televisi, Kekerasan, dan Perempuan. Jakarta: Kompas.

Tolson, Andrew, 1993, Mediations: Text and Discourse ini Media Studies. London: Arnold.

Yatim, Debra. Media Dan Perempuan: Siapa Bercermin Pada Siapa?. Jurnal Perempuan edisi ke-6

Yayasan Jurnal Perempuan, 1998 Jakarta




DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v1i1.101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.