Pengaruh Tayangan Talkshow "Sarah Sechan"di Net. TV Terhadap Minat Menonton (Studi pada Mahasiswa Psikologi UNJ Angkatan 2013)

Vemy Jumiartika, hamzah palalloi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh tayangan talkshow “Sarahsechan” terhadap minat menonton  (Studi terhadap mahasiswa UNJ Jurusan Psikologi angkatan 2013) terhadap kebutuhan hiburan akan talkshow melalui perhatian (Attention), ketertarikan (Interest), hasrat menonton (Desire) dan tindakan menonton (Action). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Teori Baskin mengenai jurnalistik TV dan Teori Morrison mengenai program talk show yaitu program yang menampilkan satu atau beberapa orang untuk membahas suatu topik tertentu yang dipandu oleh seorang pembawa acara (host). Penelitian ini menggunakan pendekatan metodologi kuantitatif dengan sifat eksplanatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan studi pustaka. Populasi berjumlah 100 mahasiswa dengan sampel berjumlah 50 mahasiswa UNJ Jurusan Psikologi angkatan 2013 yang dipilih dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Uji reliabilitas menggunakan koefisien alpha dan uji validitas menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh antara tayangan talkshow “Sarahsechan” terhadap minat menonton mahasiswa UNJ Jurusan Psikologi angkatan 2013.sebesar 0,890 (89%), menunjukkan adanya pengaruh antara tayangan talkshow “Sarahsechan” terhadap minat menonton mahasiswa UNJ.

Kata Kunci: Pengaruh, Tayangan, Talkshow, Minat Menonton

Full Text:

PDF

References


Alatas, Fahmi. 1997. Bersama Televisi Merenda Wajah Bangsa, Jakarta: YPKMD

Ardianto. 2004. komunikasi massa Suatu Pengantar, Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Badjuri, Adi. 2010. Jurnalistik TV, Jogjakarta: Graha Ilmu

Baskin, Askurifai. 2009. Jurnalistik TV, Teori dan Praktek, Penerbit: Simbiosa Rekatama Media

Bungin, Burhan. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya (Cetakan ketujuh). Jakarta: Prenada Media Group Persada.

Cangara, Hafied. 2002. Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Deddy, Iskandar. 2005. Jurnalistik Televisi Menjadi Reporter Profesional, Bandung: Rosda Karya

Effendy, Onong. 2009. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya

Fred wibowo, Fred. 2009. Teknik Produksi Program Televisi, Yogyakarta: Pinus

Jahja, Yudrik, 2011. Psikologi Perkembangan, Jakarta: Prenada

Kriyantono, Rachmat. 2012. Metode Penelitian Komunikasi, Bandung: Alfabeta.

Liliweri, Alo. 2004. Komunikasi Organisasi, Bandung: Mandar Maju

Mc Quails, Dennis. 2000. Mass Communication Theory, London: Thousand Oaks

Morissan, M.A. 2011. Manajemen Media Penyiaran, Penerbit: Prenada Media

Mulyana, Deddy. 2004. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung: Remaja Rosdakarya

Nurudin, 2004. Sistem Komunikasi Indonesia, Malang: Cespu

Saleh, Abdul Rahman. 2004. Psikologi Suatu Pengantar Perkembangan Edisi Keenam, Jakarta: Media Grafika.

Sirait, Charles Bonar. 2010. The Power of Public Speaking, Jakarta: Gramedia

Sudarwan, Danim. 2004. Ilmu- ilmu Prilaku. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono, 2000. Metodologi Penelitian. CV. Alfabeta Bandung.

Suharsimi, Arikunto. 2010. Metode Riset Kuantitatif, Penerbit, Jakarta: Rineka

Wiryanto. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: Grasindo




DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v1i2.106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.