ANALISIS KIM DALAM MEWUJUDKAN INFORMASI PUBLIK DI DESA SIDOMULYO KECAMATAN ANGGANA KUKAR

hairunnisa hairunnisa, MUHAMMAD NOOR

Abstract


Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan, dan menganalisis Kelompok Informasi Masyarakat Dalam Mewujudkan Informasi Publik di Desa Sidomulyo Kecamatan Anggana Kabupaten Kutai Kartanegara. Pengambilan data dilakukan dengan metode Snowball Sampling dengan penentuan Key Informan menggunakan metode purposive sampling terhadap responden yang ada di Desa Sidomulyo. Data primer didapat dari wawancara langsung dengan responden yang berdasarkan pada pedoman wawancara, sedangkan data sekunder didapat dari buku.

Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam penyerapan aspirasi masyarakat dan penyaluran informasi oleh KIM masih sudah berjalan dengan baik Namun, terdapat kelemahan pada sumber daya manusia di internal KIM yang anggotanya sibuk masing -  masing dengan profesinya sehingga kinerja KIM kurang maksimal. Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) menjadi penampung aspirasi  sudah berjalan namun tidak meningkat secara signifikan. Bentuk penerapan  dalam penyebaran informasi melalui blog, Website, dan Media Sosial. Hal ini sudah baik hanya memperbaiki komunikasi antara perangkat desa dan Pemeritah Daerah Kutai Kartanegara. Peran Pembina sangat diharapkan oleh KIM Desa Sidomulyo karena untuk fasilitas dan prasana sekiranya sudah dapat dipenuhi oleh perangkat desa.

Kata kunci : Partisipasi, Pengetahuan, dan Inovasi.


Full Text:

PDF

References


Ali, M. 2000. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Modern. Pustaka Amami : Jakarta

Ardianto, Elvinaro dan bambang, 2007, Filsafat ilmu komunikasi, Bandung. Simbiosa Rakatama.

Ardianto,Elvinaro dan bambang Qness, 2007, Filsafat ilmu komunikasi, Bandung, Simbiosa Rakatama

Anonim 1997. The Encylopedia Americana. International Edition. American Corporation. International headquartes : 575 Lexington Avenue, New York 10022

Agung Kurniawan 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaharuan

Anton M. Meliono, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Penerbit Balai Pustaka, Jakarta: 1990

Abdurahmat, 2003 Pengertian Efektivitas,(Online), Tersedia http://othenk.com/2008_2008_11_01_achive.html.

Abdul Kadir, Pengenalan Sistem Informasi, Penerbit Andi Yogyakarta, Yogyakarta: 2002

Burgin, Burhan 2003, Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta, PT RAJA GRAFINDO PERSADA.

Barelson, Benard and Garry A Stainer. 1979. Communication and Transmission of Information. Cambridge University Press. Massachussetts. Third Edition.

Berlo, David K. 1960. The Process of Communikction. An Introducition To Theory and Practice. Holt, Rinehart and Winston. New York.

Bonner,Neville Thomas Our Resent Past : American Civilization in the Twentieth century. New Jersey : Harper & Row Publisher.1959

Budi Sutedjo Dharma Oetomo. 2002. Perancangan & Pengembangan Sistem Informasi, Yogyakarta, Andi.

Barker, Teode L. Doing Social Research 1985. Me Graw Hill Book Company. New York. The Fourth Edition.

Cartwright, D. S. (19971) The Nature of gengs (dalam D.S Cartwright b. Thomsom & H. Schwarts (red) Gang Deliquency. California : Brooks/cote. Monterey

Cook, Thomas D. 1998, Qualitative an Quantitative Mehods Instrumen Evaluation Reseach sage Publication, Beverly Hills. The Third Edition.

Creswell, Jhon W. 1998 Qualitative Inquiry and Research Design. Sage Publication, Inc. California.

Dahama O.P and O.p Bhatnagar. 1997. Education and Communication For Development Oxford & IBH Publication Co. New Delhi-bombay-calcutta the fourth Edition

Dilla, Sumadi. 2007. Komunikasi Pembangunan- pendekatan terpadu Edisi Pertama. Bandung; Simbiosa Rekatama Media.

Gamble, Michael W and Teri Kwal Gamble. 1986. Introduction of Mass Communication. McGraw-Hill Vook.co New York. Third Edittion.

Gibson, ID. 1997. Organisasi. Bina Rupa: Jakarta.

Grounlund, Norman E. 1971. Reading In Mesurement and Evaluation. The maemillan Company. Colier-Maemillan Limited. London. The Third Edition.

George H. Bodnar, William S. Hopwood, Sistem Informasi Akuntansi, Buku Satu, Salemba Empat, Jakarta: 2000

Gordon B. Davis, Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen Bagian 1, PT Pustaka Binamas Pressindo, Jakarta: 1991

Guba, E.G and Y. S. Linclon. 1981. Effective Evaluation. Jossey Bass Publication. San Frasisco. Second Edition.

Handayaningrat, Soewarno (1994). Pengantar Studi Administrasi dan Manajemen. Jakarta : CV.Haji Masagung.

Hamidi. 2004. Metode Penelitian Kualitatid : Aplikasi Praktis Pembuatan Proposal dan Lporan Penelitian. Malang: UMM Pres

Hidayat, A. Aziz Alimul, 1986, Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia : Aplikasi Konsep dan Proses Keperawatan Buku 1, Jakarta : Salemba Medika

Jhon F. Cragan dan David W. Wright, Communication ni small Group Discussion, New York: West Publishing Company 1980

Jalaluddin. 1994. Psikologi Komunikasi. Bandung: PRemaja Rosda

Jogiyanto HM., Analisis dan Disain Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis, Andi Offset, Yogyakarta: 1999

Kerlinger.Fred N. 1975. Foundation of Behavioral Research. Holt, Rinehart and Wiston. New York. Thrid Edition.

Kurniawan, Agung 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta : Pembaharuan.

Papalia, Daiane E and Sally Wendkos Olds. 1985. Psyhology. Mcgraw-Hill Book Company. New York. Tokyo, Toronto.

Rakhmat Jalaludin 1991. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rogers, Everett M and F. Floyd Shoemaker 1971. Communication of Innovations. The Free Press. A Division of the Mcmillan Company. New York.

Rogers, Evertt 1960 Diffusion Comunications The Free Press. A Division of the Mcmillan Company. New York.

Rogers, Everett M 1983. Modrenzation Among Peasant, The Impact of communication/

Suhardono, Edy, 1994, Teori Peran Konsep, Derivasi & Implikasinya, PT. GRAMEDIA Pustaka Utama, Jakarta.

Soekanto, Soerjono, 2002. Sosiologi Suatu Pengantar, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

S.P.Siagian, Manajemen, Yogyakarta: Librety.1978

Steers, M Richard. (1985). Efektivitas Organisasi Perusahaan. Jakarta : Erlangga

Salim, P dan Yenny. 1991. Kamus Bahasa Kontenporer. Sinar Grafika : Jakarta

Tangkilisan, Hessel Nogi S. 2005. Manajemen Publik. Jakarta : Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Moleong, J, 2002, Metode Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mulyana, Deddy, 2008, Metode Penelitian Komunikasi, Bandung, PT Remaja Rosdakarya.

Mcleod, Raymond, 2001, Sistem Informasi Manajemen, Jakarta, PT. Prenhallindo

Newcomb, Theodere M et al 1930, Psikologi Sosial, Bandung. CV. Diponogoro

Neuman (2004 :15) dalam Social Research Method, Qualitative and Quantitative Approach. The Mac Millan Pbulishing, Co. New York. Second Edition.

Little jhon, 2014. Teori Komunikasi ( Theories of human Communication ). Salemba Humanika

Liliweri. Alo. 2011, Komunikasi (serba ada serba makna). Jakarta. Pranada media grup

Lani Sidharta, Pengantar Sistem Informasi Bisnis, P.T. ELEX Media Komputindo, Jakarta: 1995

Lubis, Hari. S.B dan Martani Husaini. 1987. Teori Organisasi (suatu

Yin, Robert K. 2012, Studi kasus dan komunikasi pemasaran, Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Marhaeni Fajar, 2009. Ilmu Komunikasi, Teori dan praktik, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Muhammad, Mufid 2004. Komunikasi dan Regulasi Penyiaran. Jakarta : Erlangga

Onong Uchjana Effendy, 2003. Ilmu, Teori Dan Filsafat Komunikasi, PT. Citra Aditya Bakti, Bandung

Osgood, Clack E and P.H Tannebaum. 1977. The Measurement of Meaning. Urbana University of Illinoes Press. The Fourth Edition.

Strauss, Aselm. L 1992. Qualitative Analiysis for Social Scientist. Cambridge University Press and The Publishing Co. New York. The Third Edition.

Sutopo, L. 2002. Teknologi Benih. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sugiono. 2010 Metode Peneltian Kuantitatif Kualitatif & RND Bandung : Alfabeta

Tata Sutabri, Sistem Informasi Manajemen, 2005, Yogyakarta.

Refrensi Internet :

https://jurnal.ugm.ac.id/bip/article/view/8290

(diakses pada 7 Oktober 2016)

http://download.portalgaruda.org/article.php?article=368869&val=7131&title=PEMBERDAYAAN%20KELOMPOK%20INFORMASI%20MASYARAKAT%20(STUDI%20KASUS:%20KECAMATAN%20TURI%20DAN%20KECAMATAN%20GAMPING,%20KABUPATEN (diakses 2 Januari 2017)

http://suniscome.50webs.com/data/download/002%20Desa%20Mandiri.pdf (diakses pada 9 Agustus 2016)

Wikipedia Ensiklopedia Bebas http://id.wikipedia.org/wiki/Informasi (diakses pada 8 Agustus 2016)

http://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mediator/article/view/699/381 (diakses pada 26 Oktober 2016)

Peneliti Terdahulu :

Maryatun, 2009. Pemberdayaan masyarakat, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) akses informasi, kesejahteraan masyarakat. 2009. UGM, Yogyakarta.

Mudzakir, Agus Ansori, 2008. Tingkat partisipasi anggota kelompok informasi masyarakat (KIM) terhadap pengetahuan dan inovasi dibidang usaha kecil (home industry). 2008 UGM, Yogyakarta.

Johantan Alfando WS, 2013. Peranan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dalam mewujudkan desa mandiri di desa sidomulyo kecamatan anggana kutai kartanegara. 2013. UNMUL, Samarinda.

Peraturan Menteri Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia Nomor: 08/PER/M.KOMINFO/6/2010 Tentang Pedoman Pengembangan Dan Pemberdayaan Lembaga Komunikasi Sosial

Badan Perencanaan Pembangunan Nasioanal Dan Departemen Dalam Negri, Panduan Program Inpres Desa Tertinggal, Jakarta, Maret 1994




DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v4i1.1116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.