PERENCANAAN STRATEGIS KAMPANYE BANDUNG ECO TRANSPORT OLEH GERAKAN BUDAYA DISIPLIN BANDUNG

muhammad Al fata ramadhan, Hanny Hafiar, Ari Agung Prastowo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan strategis kampanye Bandung Eco Transport, untuk mengetahui mengetahui formatif riset, perencanaan tindakan strategis, pelaksanaan komunikasi, dan evaluasi dari kampanye Bandung Eco Transport oleh Gerakan Budaya Disiplin Bandung tentang ketertiban dan keadaan kota bebas macet. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep kampanye Humas oleh Shannon A. Bowen. Metodologi yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara observasi, wawancara, penelusuran online, dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah proses perencanaan strategis yang dilakukan Gerakan Budaya Disiplin Bandung untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Bandung tentang ketertiban lalu lintas dan keadaan kota bebas macet. Hasil dari perencanaan strategis ini tidak sesuai antara perencanaan dan pelaksanaannya.

Kata Kunci: Kampanye, Perencanaan Strategis, Gerakan Budaya Disiplin Bandung.

 ABSTRACTThis study aims to find out the strategic planning of Bandung Eco Transport campaign, to determine the formative research, the strategic planning process, the implementation, and the evaluation of Bandung Eco Transport Campaign by Gerakan Budaya Disiplin Bandung in traffic order. The concept used in this study is the concept of the Public Relations campaign by Shannon A. Bowen. The methodology used is descriptive approach. The research data was collected by observation, interview, online search, and literature study. The results of this research, the strategic planning process of the campaign by Gerakan Budaya Disiplin Bandung is to increase Bandung's public awareness about traffic order and traffic jams. The results of this strategic planning is, the implementation don’t match the planning of the campaign. Keywords: Campaign, Strategic Planning, Gerakan Budaya Disiplin Bandung

References


Bowen, Shannon A. 2012. Mastering Public Relations. New Orleans.

Buana, A., Hafiar, H., & Sani, A. (2017). Manajemen Kampanye Pencegahan Eksploitasi Seksual Komersial Anak Oleh “ Kompak ” Jakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA), IV(1), 13–23.

Faisal, S. (2007). Format-Format Penelitian Sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hariyani, I. (2016). Peran Jaringan Sosial Pada Kampanye Lingkungan Di Media Sosial : Kasus Kampanye Melawan Asap. Informasi: Kajian Ilmu Komunikasi, 46(1).

Hartono, N. A., Dida, S., & Hafiar, H. (2015). Pelaksanaan Kegiatan Special Event Jakarta Goes Pink Oleh Lovepink Indonesia. Jurnal Komunikasi, 10/2, 161–172.

Rakhmat, J. (2009). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ruslan, R. (2002). Kiat dan Strategi Kampanye PR Edisi Revisi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Smith, R. D. (2002). Strategic Planning for Public Relations. New Jersey: Lawrence Elbraum Associate.

Tyas, S. R., Hafiar, H., & Sani, A. (2017). Manajemen Kampanye Eliminasi Kaki Gajah Dalam Upaya Peningkatan Kesehatan Di Kabupaten Bogor Campaign Management of Elephantiasis Elimination. Jurnal Profesi Humas, 2(1), 57–72.

Venus, A. (2009). Manajemen Kampanye: Panduan Teoritis dan Praktis. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Sumber Lain dalam jaringan :

http://kbbi.web.id/kampanye

http://portal.bandung.go.id/kolaborasi-kota-bandung-dan-bloomberg-philanthropy-ciptakan-keselamatan-di-jalan-raya

http://instagram.com/ecotransport.id




DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v5i1.1620

Refbacks

  • There are currently no refbacks.