Analisis Peringkat Halaman (PageRank) pada Jaringan Komunikasi dengan Hashtag #IbuKotaBaru di Twitter

Kiayati Yusriyah, Sudaryanto Sudaryanto, Ahmad Fatoni

Abstract


Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengumumkan rencana pemindahan ibukota negara Indonesia Jakarta ke wilayah administratif  Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, provinsi Kalimantan Timur.  Pemindahan ini disebabkan kondisi Jakarta memiliki permasalahan yang semakin kompleks, mulai dari kemacetan lalu lintas, kepadatan penduduk, risiko bencana alam dan lain-lain. Penyebaran informasi tentang rencana pemindahan ibukota negara Indonesia dilakukan melalui  berbagai  jaringan komunikasi di media sosial termasuk Twitter. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aktor yang memiliki nilai Peringkat Halaman (PageRank) tertinggi pada jaringan komunikasi #IbuKotaBaru di Twitter. Nilai PageRank tidak ditentukan oleh seberapa banyak link tersebut dilihat, tetapi seberapa banyak situs lain yang membuat tautan yang mengarah ke halaman situs tersebut.    Penelitian dilakukan dengan menggunakan tools Gephi dengan metode kuantitatif. Data dihimpun dari tanggal 1 Agustus 2019 sampai 22 September 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam jaringan komunikasi #IbuKotaBaru, aktor yang memiliki PageRank tertinggi adalah detikfinance diikuti oleh Jokowi dan BappenasRI.


References


Andjarwati, Jur. Any. (2019). Analisis Rancangan Pemindahan Ibu Kota Berdasarkan Perspektif Hukum Agraria Dan Hukum Administrasi Negara. Legal Class Ver. 2-ALSA LC UGM. Fakultas Hukum UGM. Yogyakarta.

Bastian M, Heyman S, Jacomy M. (2009). Gephi: an open source software for exploring and and manipulating networks. Di dalam: Internationl AAAI Conference on Weblogs and Social Media; 2009 Jul 07.

Eriyanto (2014). Analisis Jaringan Komunikasi. Jakarta : Kencana.

Page, L.; Brin, S.; Motwani, R.; Winogrand, T. (1999). The PageRank Citation Ranking: Bringing Order to the Web; Technical Report 1999-66; Stanford InfoLab: Stanford, CA, USA.

Rogers, E.M and L. Kincaid. (1981).Communication Network: Toward A New Paradigm for Research. London: Collier Macmillan Publisher.

Zarella, D. (2009). The Social Media Marketing Book. Canada : O’Reilly Media, Inc.




DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v6i2.2667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.