Analisis framing pemberitaan pembatasan 17 lagu berbahasa Inggris pada portal berita online Tribun Jabar dan Pikiran Rakyat

Benazir Bona Pratamawaty, Aceng Abdullah, Elsyatha Retina Juliana Mada Gultom

Abstract


Sederet media massa memberitakan tentang pembatasan 17 lagu berbahasa Inggris yang mengandung tema kehidupan dewasa oleh KPID Jabar, salah satunya portal berita online. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pemberitaan mengenai pembatasan 17 lagu berbahasa Inggris oleh KPID Jabar ini dibingkai oleh dua portal berita online yaitu Tribun Jabardan Pikiran Rakyatedisi bulan Februari 2019 yang ditinjau dari struktur sintaksis, skrip, tematik, dan retoris berdasarkan model analisis framing Zhongdang Pan dan Kosicki yang digunakan dalam penelitian ini. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis framing Pan dan Kosicki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua portal berita onlinetersebut tidak memiliki banyak perbedaan. Keduanya sama-sama memuat pernyataan dari beberapa narasumber yang berbeda, namun masih berhubungan dengan isu.Yang berbeda, dalam berita yang dimuat di bulan Februari, Pikiran Rakyat tidak memuat pernyataan dari pihak KPID. Pikiran Rakyathanya memuat informasi seputar isi surat edaran. Selain itu, satu berita dalam Tribun Jabartidak memenuhi kelengkapan 5W+1H, sedangkan Pikiran Rakyatmemiliki dua berita yang tidak memenuhi kelengkapan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa portal berita online Tribun Jabardan Pikiran Rakyatmembingkai isu pembatasan 17 lagu berbahasa Inggris ini netral. Keduanya tidak mencoba menggiring pembaca kepada satu persepsi saja, melainkan keduanya memberikan sudut pandang yang beragam dari narasumber yang juga beragam, terhadap pembatasan 17 lagu berbahasa Inggris ini.

 

Kata Kunci: KPID, Framing, Portal Berita Online, Konstruksi Sosial Media Massa


References


Alexa. (2019). Retrieved Maret 1, 2019, from Alexa: https://www.alexa.com/

Ardianto, E., Lukiati Komala, & Siti Karlinah. (2007). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatam Media.

Atmadja, X. L. (2014). Analisis Framing Terhadap Pemberitaan Sosok Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Media Online.

Basrowi, &. S. (2002). Metode Penelitian Perspektif Mikro :

Grounded Theory, Fenomenologi, Etnometodologi, Etnografi, Dramaturgi, Interaksi Simbolik, Hermeneutik, Konstruksi Sosial, Analisis Wacana, dan Metodologi Refleksi. Surabaya: Insan Cendekia.

Bungin, B. (2008). Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Eriyanto. (2002). Analisis Framing : Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta: LKIS.

Eriyanto. (2012). Analisis Framing : Komunikasi, Ideologi, dan Politik Media . Yogyakarta: LKIS.

Ghony, M. D. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogykarta: Ar-Ruzz Media.

Kosicki, Z. P. (1993). Framing Analysis : An Approach to News Discourse.

McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa; McQuail. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.

Nasrullah, R. (2014). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Palupi, N. B. (2019, Februari 27). Batasi Jam Tayang 17 Lagu Berbahasa Inggris, Ini Alasan dan Penilaian KPID Jabar. Retrieved Maret 1, 2019, from Tribunnews.com: http://www.tribunnews.com/regional/2019/02/27/batasi-jam-tayang-17-lagu-berbahasa-inggris-ini-alasan-dan-penilaian-kpid-jabar

Romli, A. S. (2012). Jurnalistik Online : Panduan Praktis Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendekia.

Yunus, S. (2010). Jurnalistik Terapan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Vera, N. (2016). Komunikasi Massa. Bogor: Ghalia Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v6i2.2850

Refbacks

  • There are currently no refbacks.