Dramaturgi Media Sosial: Fenomena Penggunaan Fake Account Instagram Pada Penggemar K-POP Perempuan di Karawang

Jihan Akhidatussolihah, Ana Fitriana Poerana, Fardiah Oktariani Lubis

Abstract


Perkembangan teknologi yang pesat memberikan perubahan yang signifikan di segala bidang, termasuk komunikasi. Munculnya media baru atau new media menjadi suatu bentuk dari revolusi media yang dapat memudahkan manusia dalam proses komunikasi, contohnya adalah Instagram, aplikasi yang resmi dirilis pada tahun 2010 ini memiliki banyak sekali fitur untuk mendukung kenyamanan pengunanya. Salah satunya adalah fitur mutiple account yang dirilis pada tahun 2016 lalu, adanya fitur ini memunculkan terjadinya fenomena penggunaan fake account di aplikasi Instagram. Fake Account Instagram atau Finstagram yang diartikan sebagai akun bukan sebenarnya atau palsu, fitur multiple account ini membuat para pengguna Instagram dapat mengakses lebih dari satu akun Instagram dalam satu smartphone.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teori dramaturgi, data utama peneliti merupakan hasil observasi dan wawancara mendalam terhadap subjek penelitian. Peneliti menemukan hasil bahwa akan adanya beberapa tujuan yang dikemukakan oleh para penggemar K-Pop untuk menggunakan fake account. Dimana terdapat perbedaan dari segi tampilan akun dan identitas yang dipakai saat menggunakan akun palsu sebagai panggung belakang sedangkan akun asli sebagai panggung depan digunakan sebagai bentuk pengelolaan kesan untuk mendapat penilaian citra yang baik dimata orang lain.

References


Kuswarno, E. 2009. Fenomenologi: Konsepsi, Pedoman dan Contoh Penelitian. Bandung: Widya Padjajaran.

Lastriani. 2018. Fanwar: Perang Antar Fans Idol K-Pop di Media Sosial. Jurnal Emik, Vol 1 No 1, 87-100. dari http://ejournals.umma.ac.id/index.php/emik/article/download/46/68

Nasrullah, R. 2017. Media Sosial: Perspektif Komunikasi Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nasrullah, R. 2018. Etnografi Virtual. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Rakhmat, J. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sujarweni, V. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis dan Mudah di Pahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Triadanti. 2019. Jadi Gaya Hidup Benarkan Fans KPop Kaya Raya atau Cuma Modal Kuota?. dari Idn Times: https://www.idntimes.com/hype/entertainment/amp/danti/jadi-gaya-hidup-benarkah-fans-kpop-kaya-raya-atau-cuma-modal-kuota

Valentina, R. I. (2013). Gelombang Globalisasi Ala Korea Selatan. Jurnal Pemikiran Sosiologi, Vol 2, No 2, 71-86. doi:10.22146/jps.v2i2.30017

Wardani, A. 2018. Instagram di Susupi 95 Juta Akun Palsu. dari Liputan 6: https://m.liputan6.com/tekno/read/3595223/duh-instagram-disusupi-95-juta-akun

We Are Social, Hootsuite. 2019. Global Digital Report 2019. dari We Are Social: https://wearesocial.com/global-digital-report-2019

https://www.instagram.com




DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v7i1.4370

Refbacks

  • There are currently no refbacks.